Sepekan, RI naik status menengah atas hingga isu pajak sepeda

Sepekan, RI naik status menengah atas hingga isu pajak sepeda

Presiden Joko Widodo (tiga kanan) didampingi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (tiga kiri), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri), Bupati Batang Wihaji (empat kiri) dan jajaran menteri lainnya berbincang saat peninjauan Kawasan Industri Terpadu Batang dan Relokasi Investasi Asing ke Indonesia di Kedawung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020). ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/hp.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita ANTARA pada 29 Juni-5 Juli 2020 mendapat banyak perhatian dari pembaca, seperti Bank Indonesia yang menaikkan status Indonesia ke kategori negara berpendapatan menengah atas, hingga isu aturan pajak sepeda oleh Kementerian Perhubungan.

Berikut beberapa berita yang masih menarik dibaca untuk menemani akhir pekan :

1. Presiden bersyukur Indonesia naik status ke menengah atas

Presiden Joko Widodo bersyukur Indonesia naik status ke kategori negara berpendapatan menengah atas
​​​​​dari sebelumnya menengah bawah, sebagaimana laporan Bank Dunia pada 1 Juli 2020.

“Kemarin, status Indonesia telah naik dari ‘lower middle income country’ menjadi ‘upper middle income country” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya di acara Peringatan 100 Tahun ITB secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


2. Presiden Jokowi senang, 7 perusahaan asing relokasi pabrik ke RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan terdapat tujuh perusahaan dari negara lain yang sudah memastikan akan merelokasi pabriknya ke Indonesia, dan ada 17 perusahannya lainnya yang sudah menyatakan komitmen untuk menanamkan modal di Tanah Air.

“Saya senang hari ini ada tujuh yang pasti. Kemudian ada 17 yang miliki komitmen besar, sudah masuk 60 persen hampir 100 persen,” kata Presiden Jokowi saat meninjau kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah, Selasa.

Baca selengkapnya di sini


3. Kementan paparkan penyebab masuknya jamur enoki mengandung Listeria

Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian memaparkan masuknya produk jamur enoki asal Korea Selatan yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes.

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan di seluruh pintu masuk komoditas yang diimpor. Khusus dari Korea Selatan, Karantina Pertanian pun juga memastikan adanya sertifikat hasil uji laboratotrium (cerifiticate of analysis/CoA).

Baca selengkapnya di sini


4. Menkeu: Belanja kesehatan penanganan COVID-19 tidak hanya di Kemenkes

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan belanja kesehatan untuk penanganan pandemi COVID-19 tidak hanya berada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), tetapi juga di Gugus Tugas dan BPJS Kesehatan.

"Dalam hal ini ada yang berpersepsi bahwa anggaran kesehatan baru cair sedikit, seolah-olah itu hanya tanggung jawabnya Kemenkes, sebenarnya tidak juga, karena memang banyak jalurnya," katanya dalam jumpa pers virtual BNPB di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini


5. Kemenhub bantah akan atur pajak sepeda

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membantah akan mengatur pajak sepeda seiring dengan banyaknya penggunaan sepeda pada masa normal baru.

“Tidak benar Kemenhub sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda. Yang benar adalah kami sedang menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan para pesepeda. Hal ini juga untuk menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi oleh masyarakat,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Indonesia jadi negara menengah atas? Begini dampaknya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar