Jakarta (ANTARA) - Pandemi virus corona telah memengaruhi semua aspek kehidupan kita, salah satunya kebiasaan hidup bersih termasuk mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Saat pergi ke luar, tidak jarang Anda melihat orang-orang mengenakan masker wajah bahkan ketika mereka berkeliling dengan mobil mereka. Tetapi apakah Anda benar-benar perlu memakai masker ketika kita berada di ruang tertutup seperti kendaraan pribadi?

Laman WebMD mencatat, sebenarnya Anda tidak perlu memakai masker wajah saat mengemudi sendirian dan tidak ada orang lain di dalam mobil karena tidak ada risiko penularan COVID-19 dalam kasus ini.

Anda bisa mengenakan masker di kendaraan saat ada orang lain selain Anda di dalam mobil, terutama mereka yang tidak tinggal bersama Anda.

Dalam hal ini, selain mengenakan alat pelindung diri, ide yang bijaksana untuk mematikan AC kendaraan Anda.

Kasus lainnya, ketika Anda sakit dan ada orang lain di mobil bersama Anda. Bahkan jika memang bukan COVID-19, pakailah masker sehingga orang lain tidak akan mengontrak kuman apa pun dari Anda.

Jika Anda mudah cemas keluar rumah di tengah pandemi, maka Anda mungkin mengenakan masker setiap saat, bahkan ketika sedang mengemudi.

Akhirnya, jika Anda melakukan perjalanan jarak pendek, mengenakan masker tetap menjadi ideal sehingga Anda tidak harus melepasnya dan mengenakannya lagi dan lagi.

Jika Anda masih bingung harus mengenakan masker saat mengemudi atau tidak, anggap saja mobil Anda perpanjangan dari rumah. Di rumah Anda, Anda tidak perlu memakai masker saat tidak sakit dan tidak ada orang lain di luar anggota keluarga Anda.

Ketika tamu datang atau tukang reparasi datang berkunjung, pada saat itulah Anda mungkin akan mengenakan masker, demikian seperti dilansir Medical Daily.

Baca juga: Ada orang-orang cuek di masa normal baru, mengapa bisa?

Baca juga: Warga tidak pakai masker di tempat umum terancam sanksi

Baca juga: Lupa pakai masker? Facebook dan Instagram akan beri notifikasi

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020