Mahfud MD tegaskan pemerintah pusat serius perhatikan Jawa Timur

Mahfud MD tegaskan pemerintah pusat serius perhatikan Jawa Timur

Menko Polhukam Mahfud MD di dampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) memberikan keterangan saat diskusi terkait Rencana Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) di hadapan Forum Komunikasi Umat Beragama di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (5/7/2020). . ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc/pri.

Surabaya (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, menegaskan pemerintah pusat serius memberikan perhatian ke Jawa Timur atas kondisi penyebaran Covid-19.

"Jawa Timur pernah menjadi agenda rapat khusus dari pemerintah pusat. Ini membuktikan pemerintah serius memberikan perhatian ke Jatim," ujarnya, di sela kunjungan kerjanya di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu siang.

Pemerintah, kata dia, setiap hari memperhatikan penyampaian kasus dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca juga: Jawa Timur siapkan sistem rujukan satu pintu untuk pasien COVID-19

Akibat tingginya angka penambahan kasus Covid-19 di Jawa Timur beberapa hari terakhir, kata dia, diharapkan koordinasi selalu dilakukan dan tidak pernah surut semangat untuk saling bekerja sama.

"Sinergitas tentu tak hanya ke pusat, tapi dengan daerah-daerah maupun instansi vertilkal yang berkaitan dengan tugasnya secara relevan," ucap menteri kelahiran Pulau Madura itu.

Pada kesempatan tersebut, Mahfud MD juga mengingatkan tiga hal yang menjadi pesan presiden pada masa pandemik saat ini, yaitu pertama perang terhadap Covid-19, kedua tentang masalah ekonomi yang pergerakannya tak boleh macet sehingga ada kebijakan normal baru, serta ketiga adalah bantuan sosial dalam bentuk jaring pengaman sosial.

Baca juga: Panglima TNI-Kapolri pimpin rapat penanganan COVID-19 di Jatim

Sementara itu, pada kunjungan kerjanya di Surabaya, guru besar hukum tata negara Universitas Islam Indonesia bersama Menteri BUMN, Erick Thohir, yang menyerahkan bantuan obat Avigan untuk penanganan pasien Covid-19 di Jawa Timur.

Bantuan obat Avigan yang diserahkan sebanyak 100.000 tablet (sebelumnya juga sudah diserahkan 29.000 tablet), kemudian 10.000 alat pelindung diri dan masker bedah berjumlah 100.000 lembar.

Baca juga: Presiden minta perhatian khusus pada tingginya kasus COVID-19 di Jatim

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Parawansa, menyatakan, kehadiran sejumlah menteri tak hanya sekadar menyerahkan bantuan, tapi juga sebagai bentuk dukungan serta memberikan layanan terbaik untuk penanganan Covid-19 di Jawa Timur.

"Atas nama warga Jatim, kami ucapkan terima kasih seluruh dukungan menteri. Tentu saja kehadiran ini menjadi penguatan demi penguatan dari ikhtiar kami semua untuk bisa bersatu dalam penanganan Covid-19 di Jawa Timur," katanya, didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mahfud MD sebut akan awasi peradilan Djoko Tjandra

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar