Liga Inggris

Burnley, Sheffield United berbagi poin di Turf Moor

Burnley, Sheffield United berbagi poin di Turf Moor

Bek Burnley Charlie Taylor (kanan) berduel dengan gelandang Sheffield United Sander Berge dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Turf Moor, Burnley, Inggris, Minggu (5/7/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Peter Powell)

Jakarta (ANTARA) - Burnley dan Sheffield United berbagi poin setelah bermain imbang 1-1 dalam laga pekan ke-33 Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Turf Moor, Minggu.

Burnley susah payah mempertahankan keunggulan yang mereka peroleh lewat James Tarkowski, tetapi Sheffield berhasil menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir pertandingan melalui gol John Egan, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu membuat Burnley untuk sementara naik ke urutan kesembilan klasemen dengan koleksi 46 poin, sedangkan Sheffield (48) harus rela tertahan di posisi kedelapan setelah dilompati Arsenal (49) sehari sebelumnya.

Kedua tim bisa saja mengakhiri pekan ke-33 dengan posisi yang lebih rendah jika Tottenham Hotspur (45) bisa menang pada Senin (6/7) waktu setempat (Selasa WIB).

Baca juga: Klasemen Liga Inggris setelah Chelsea usir MU dari empat besar

Sheffield mengawali laga dengan baik dan segera mengancam pertahanan tuan rumah ketika David McGoldrick mengirim umpan yang diselesaikan Oliver McBurnie, tetapi tembakan kerasnya masih mengarah tepat ke pelukan kiper Nick Pope.

Sebaliknya, Burnley berusaha mencari celah lewat serangan balik yang berakhir dengan situasi satu lawan satu antara Matej Vydra dengan kiper Dean Henderson, tetapi penyelesaiannya melenceng di sisi gawang.

Kedua tim terus saling mencari celah hingga akhirnya tuan rumah berhasil membuka keunggulan pada menit ke-43 lewat situasi bola mati. Dwight McNeil mengirim tendangan bebas yang diteruskan ke area tiang jauh oleh Jay Rodriguez dan disambut baik oleh Tarkowski untuk menjebol gawang tim tamu.

Wasit Peter Bankes dan VAR sempat meninjau dugaan offside sebelum mengesahkan gol Tarkowski tersebut yang membuat Burnley unggul atas tamunya hingga turun minum.

Sheffield berusaha bangkit pada babak kedua tetapi serangan khas mereka yang diwarnai aksi overlap bek-bek sayapnya berakhir dengan umpan silang Jack O'Connell yang membentur Phillip Bardsley tetapi bola gagal dijangkau Billy Sharp maupun Pope.

Baca juga: Burnley lanjutkan tren positif dengan tundukkan Crystal Palace
Baca juga: Sheffield dekati zona Eropa usai bekap Tottenham


Tuan rumah terus menjaga keunggulannya bahkan hampir menggandakannya pada menit ke-77 lewat dua peluang beruntun lewat tembakan jarak jauh Rodriguez yang bisa dihalau Henderson dan sambaran McNeil atas bola muntah yang masih melenceng.

Tiga menit kemudian Sheffield justru berhasil menyamakan kedudukan ketika Ben Osborn mengirim umpan silang yang diteruskan sundulan Sharp ke arah John Egan yang berdiri bebas untuk menjebol gawang tuan rumah dan membuat skor jadi imbang 1-1.

Momentum itu hampir membuat Sheffield berbalik memimpin ketika memperoleh kesempatan tendangan bebas dua menit jelang bubaran waktu normal, sayang eksekusi keras Sander Berge masih bisa diselamatkan oleh Pope.

Ketika peluit tanda laga usai berbunyi, skor imbang 1-1 tak berubah, dan kedua tim harus puas berbagi satu poin.

Kedua tim akan menjalani laga pekan ke-34 masing-masing pada Rabu (8/7) waktu setempat, ketika Burnley bertandang ke markas West Ham United dan Sheffield menjamu Wolverhampton.

Baca juga: Jose Mourinho akui rela langgar social-distancing demi Carlo Ancelotti
Baca juga: Chelsea konfirmasi cedera N'golo Kante
Baca juga: Bukayo Saka kenang selamanya gol pertamanya untuk Arsenal


Susunan pemain:

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Phillip Bardsley, Kevin Long, James Tarkowski, Charlie Taylor; Dwight McNeil, Ashley Westwood, Josh Brownhill, Erik Pieters (Johann Gudmundsson); Jay Rodriguez, Matej Vydra (Chris Wood)
Pelatih: Sean Dyche

Sheffield United (3-5-2): Dean Henderson; Chris Basham (Jack Rodwell), John Egan, Jack Robinson (Jack O'Connell); George Baldock, Sander Berge, Oliver Norwood (Billy Sharp), Ben Osborn, Enda Stevens; Oliver McBurnie (Lys Mousset), David McGoldrick
Pelatih: Chris Wilder

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar