Liga Inggris

Manchester City tumbang di markas Southampton

Manchester City tumbang di markas Southampton

Kiper Manchester City Ederson Moraes (kanan) berusaha menghalau peluang penyerang Southampton Che Adams dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Minggu (5/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Will Oliver)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City tumbang setelah menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah Southampton dalam laga pekan ke-33 Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion St. Mary's, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Kekalahan itu jadi hasil yang cukup mengejutkan mengingat Man City tiga hari yang lalu baru saja menodai pesta juara Liverpool dengan kemenangan telak di Etihad.

Terlebih lagi, sepanjang laga di St. Mary's tim besutan Pep Guardiola tampil begitu dominan dengan lebih dari 73 persen penguasaan bola dan melepaskan 26 percobaan tembakan meski hanya enam di antaranya yang tepat sasaran.

Baca juga: Man City nodai pesta juara Liverpool dengan menang telak di Etihad

Di atas itu semua, kekalahan itu terjadi atas keteledoran kiper Ederson Moraes yang dalam beberapa pertandingan terakhir kerap meninggalkan sarangnya baik ketika rekan-rekannya menguasai bola maupun berupaya menutup bangunan serangan tim lawan.

Kali ini, keputusan Ederson berdiri begitu jauh dari gawang jadi senjata makan tuan ketika bek kiri Olexandr Zinchenko kehilangan bola di dekat garis tengah lapangan pada menit ke-16

Lantas Che Adams menyambarnya dengan tembakan sentuhan pertama yang melambung di atas kepala Ederson, yang terlanjur berdiri jauh dari gawangnya, dan bola bersarang tanpa halauan berarti.

Sesudahnya, Man City seperti tim yang kesetanan untuk menciptakan gol balasan tetapi penyerang Southampton Danny Ings melakukan sapuan di area pertahanannya sendiri membantu rekan-rekannya demi menyapu bola tembakan Raheem Sterling.

Baca juga: Sterling bilang gagal juara Liga Inggris bikin Man City semakin lapar

Kemudian pada menit ke-31, Fernandinho melepaskan tembakan keras dari tepian kotak penalti hanya untuk menghantam tiang gawang, bak sebuah pertanda nasib buruk tengah mengintai Man City.

Nyatanya, nasib buruk itu betul terjadi sebab kerja keras The Citizens tak membuahkan hasil hingga peluit tanda laga usai berbunyi dan Southampton mengantungi tiga poin penuh lewat kemenangan tipis 1-0.

Hasil itu membuat Southampton melompat naik ke urutan ke-13 klasemen dengan koleksi 43 poin, dipastikan selamat dari ancaman degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Guardiola yakin City menang banding larangan Liga Champions

Sedangkan Man City (66) yang ada di posisi kedua kembali tertinggal 23 poin dari sang juara, yang kini berpeluang untuk memecahkan dua rekor yakni total poin dan marjin juara di akhir musim nanti. Kedua rekor itu dimiliki Man City ketika juara pada 2017/18 dengan total 100 poin dan marjin 19 poin.

Man City akan lebih dulu memainkan laga pekan ke-34 mereka pada Rabu (8/7) waktu setempat dengan menjamu Newcastle United di Etihad, sedangkan Southampton baru tampil sehari kemudian di kandang Everton.

Baca juga: Liverpool dekati rekor laga kandang setelah bungkam Villa 2-0
Baca juga: West Ham tambah jarak aman degradasi walau cuma imbangi Newcastle


Susunan pemain:

Southampton (4-4-2): Alex McCarthy; Kyle Walker-Peters, Jack Stephens, Jan Bednarek, Ryan Bertrand; Stuart Armstrong (William Smallbone), James Ward-Prowse, Oriol Romeu, Nathan Redmond; Danny Ings, Che Adams (Shane Long)
Pelatih: Ralph Hassenhuetl

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Joao Cancelo, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Olexandr Zinchenko; Bernardo Silva, Fernandinho, David Silva; Riyad Mahrez (Kevin de Bruyne), Gabriel Jesus, Raheem Sterling (Phil Foden)
Pelatih: Pep Guardiola

Baca juga: Burnley, Sheffield United berbagi poin di Turf Moor
Baca juga: Klasemen Liga Inggris setelah Chelsea usir MU dari empat besar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Empat anak Rusunawa berlatih di klub Manchester City

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar