Bandung (Antara) – Menteri Sosial Juliari P Batubara menyerahkan 1.000 paket sembako kepada komunitas pekerja otomotif melalui Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Kampus Poltekesos, Bandung, Minggu.

Juliari menyampaikan, pandemi Covid-19 berdampak kepada hampir seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali para pekerja di sektor otomotif.

“Kami akan menyalurkan batuan sosial sembako untuk meringankan beban ekonomi mereka. Semoga bantuan ini bermanfaat dan krisis segera bisa berakhir,” ujar mantan ketua umum IMI Pusat ini.

Kepada Mensos, IMI melaporkan setidaknya sekitar 5.000 pekerja sektor otomotif anggota IMI yang terdampak pandemi Covid-19. Mereka adalah mekanik, kru tim pembalap, penyelenggara event, dan para petugas pendukung perlomba (marshall) yang menggantungkan hidup dari event otomotif, termasuk kalender balapan.

Mensos juga mengisahkan kebersamaannya dengan IMI saat memimpin organisasi ini. “Saya ikut dibesarkan oleh IMI,” katanya. Ia meminta IMI terus menjaga kontribusinya kepada masyarakat, termasuk memajukan prestasi di dunia otomotif.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos menyatakan, sebagai bagian dari kebijakan jaring pengaman sosial, bansos bantuan Presiden diharapkan bisa menjangkau seluas mungkin masyarakat terdampak Covid-19.

Agar menjaring elemen masyarakat yang belum terjangkau bansos, Kementerian Sosial tidak hanya bermitra dengan pemerintah K/L, dan pemerintah daerah.

“Kami tidak hanya bekerja business as usual. Yakni hanya bekerja dengan unsur-unsur pemerintah, dalam hal ini pemerintah daerah, K/L, atau bank negara. Dalam mendistribusikan bansos, kami juga melibatkan komunitas,” katanya.

Belakangan Mensos terus mengintensifkan kemitraan dengan komunitas. Penyaluran bansos melalui komunitas merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Kemensos untuk mengakselerasi penyaluran bansos.

Untuk itu, Mensos bertemu dengan berbagai kalangan untuk memastikan masyarakat terdampak Covid-19 menerima bantuan. Pihak yang telah disapa Mensos adalah pekerja film, sinetron dan seniman.

Kemudian juga Gerakan Pemuda Ansor, Gerakan Angkatan Mudah Kristen Indonesia (GAMKI), pengasuh dan pimpinan Pondok Pesantren Shohibul Muslimin Serang, dan yang terakhir kemarin, Forum Koordinasi Putra Putri Purnawirawan ABRI (FKPPI).

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020