Amendemen itu akan memperkuat kebangsaan kami dan menciptakan kondisi bagi perkembangan progresif negara kami selama beberapa dekade ke depan
Moskow (ANTARA) - Presiden Vladimir Putin pada Minggu mengatakan amendemen konstitusional yang disetujui secara nasional menciptakan kondisi bagi "perkembangan progresif" Rusia selama puluhan tahun mendatang.

Salah satu perubahan yang disetujui dalam pemungutan suara selama sepekan dan berakhir pada 1 Juli itu memungkinkan Putin mengupayakan dua masa jabatann tambahan  sebagai presiden dan, jika terpilih kembali, dia akan berkuasa hingga 2036.

Perubahan lainnya memberikan kekebalan kepada mantan presiden dari penuntutan , memberi satu rujukan ke Tuhan dalam konstitusi, menawarkan perlindungan pensiun dan membatasi pernikahan sebagai bersatunya seorang pria dan seorang perempuan.

Kelompok oposisi  mengatakan pemungutan suara itu liar dan tidak sah. Salah satu kelompok pengawas independen juga berpendapat bahwa pemilihan umum  itu sangat cacat.

Baca juga: Parlemen Rusia dukung amandemen UU, Putin berpeluang tetap berkuasa

Namun kantor berita Rusia mengutip Putin yang mengatakan: "Saya sangat yakin bahwa apa yang sedang kami lakukan adalah hal yang tepat dalam mengadopsi amendemen untuk konstitusi saat ini."

"Amendemen itu akan memperkuat kebangsaan kami dan menciptakan kondisi bagi perkembangan progresif negara kami selama beberapa dekade ke depan," katanya.

Kremlin memuji pemungutan suara yang luar biasa dalam mendukung amendemen tersebut sebagai kesuksesan bagi Putin, yang mengatakan pada Jumat bahwa masyarakat Rusia membuktikan persatuan melalui pemungutan suara mendukung reformasi.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rakyat Rusia beri Putin hak berkuasa hingga 2036
Baca juga: Pemungutan suara perpanjangan kekuasaan Presiden Putin dimulai

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020