Pandemi tidak halangi semangat peringatan HUT kemerdekaan ke-75 RI

Pandemi tidak halangi semangat peringatan HUT kemerdekaan ke-75 RI

Ilustrasi bentangan bendera Merah Putih. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Jakarta (ANTARA) - Pandemi Covid-19 tidak akan menghalangi semangat dan kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2020.

Meskipun rencana perhelatan besar-besaran peringatan HUT ke-75 Indonesia dengan tema pokok Indonesia Maju yang sudah disiapkan pemerintah batal dilaksanakan karena pandemi, namun pemerintah memastikan kemeriahan tetap terjadi di seluruh Indonesia.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengatakan, peringatan kemerdekaan harus tetap menunjukkan Indonesia negara besar yang kokoh secara ekonomi, sosial dan politik.

"Walau tidak sesuai dengan yang kita rencanakan semula, tapi perayaan HUT ke-75 RI tetap harus khidmat. Kemeriahan tetap dijaga, antusiasme masyarakat tetap dijaga, kreativitas dan inovasi juga tetap dijaga, hanya saja sesuai protokol kesehatan aman dari Covid-19," ujar Pratikno, di Jakarta, Senin.

Baca juga: Peringatan HUT ke-75 RI di Istana dilaksanakan terbatas

Pratikno menyampaikan sejatinya pemerintah telah menyiapkan dan merancang sejumlah acara yang juga melibatkan masyarakat seperti pawai, karnaval dengan konfirmasi kehadiran belasan negara sahabat.

Awalnya peringatan kemerdekaan ke-75 Indonesia dengan tema pokok Indonesia Maju akan dilaksanakan secara besar-besaran agar Indonesia sebagai bangsa besar tidak kalah dengan bangsa lain.

Namun pandemi mengubah semua rencana dan membuat pemerinrah bekerja keras menyesuaikan semua acara yang sudah disiapkan termasuk karnaval internasional yang sejatinya sudah direncanakan.

Baca juga: Perayaan HUT Kemerdekaan RI jadi "Hari Indonesia" di Philadelphia

Dia mengatakan sebagai gantinya pemerintah menyiapkan beragam acara yang sifatnya virtual.

Pratikno mengatakan kemeriahan peringatan kemerdekaan dengan tema pokok Indonesia Maju sudah dimulai sejak 1 Juli 2020 di mana pemerintah mengajak seluruh pihak mulai memasang logo dan tema HUT ke-75 RI di jalan-jalan dan tempat umum hingga transportasi umum.

"Di televisi, di media sosial, kami sangat harapkan partisipasi semua pihak," ujar Pratikno.

Selanjutnya pada 1 Agustus 2020, saat masuk bulan kemerdekaan dengan tema pokok Indonesia Maju, apa yang telah dilakukan sejak 1 Juli akan diteruskan, di tambah dengan pemasangan bendera merah putih di segala penjuru Tanah Air.

Baca juga: HUT RI diperingati secara sederhana di Italia

Ia mengatakan, lomba-lomba tetap dapat dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menyiapkan sejumlah lomba yang bersifat virtual.

Peringatan HUT ke-75 RI mengambil tema Indonesia Maju dengan logo yang terinspirasi dari simbol perisai Garuda Pancasila. Makna Indonesia Maju adalah representasi dari Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pedoman identitas visual serta logo HUT ke-75 RI dapat diunduh publik melalui situs www.setneg.go.id.

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Warga antusias tukar uang pecahan baru Rp 75 Ribu untuk koleksi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar