Ada kebiasaan baru saat peringatan 17 Agustus 2020

Ada kebiasaan baru saat peringatan 17 Agustus 2020

Menparekraf Wishnutama (kedua kanan), seusai memberikan keterangan pers megenai persiapan peringatan HUT ke-75 RI, di Jakarta, Senin (6/7/2020). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga/am.

Sesuai arahan Presiden kita akan mulai berbagai kebiasaan baru
Jakarta (ANTARA) - Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di tengah pandemi COVID-19 akan memunculkan sebuah kebiasaan baru yang diharapkan dapat dijalani seterusnya oleh seluruh rakyat Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan mulai tahun ini, seluruh rakyat Indonesia diharapkan dapat menyanyikan lagu Indonesia Raya dari tempat masing-masing saat Lagu Indonesia Raya dikumandangkan dalam Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka 17 Agustus.

"Sesuai arahan Presiden kita akan mulai berbagai kebiasaan baru, walau nanti setelah COVID-19 berakhir kebiasaan ini kita harapkan akan terus kita lakukan bersama di tempat publik dan keramaian agar bisa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya saat perayaan 17 Agustus dilakukan," kata Wishnutama di Jakarta, Senin.

Wishnutama mengatakan diperkirakan lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan pada jam 10.15 WIB, oleh karena itu akan ada sirine pengingat yang dibunyikan pada pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya masyarakat dari tempatnya masing-masing diharapkan menghentikan aktivitas sejenak dan berdiri tegak serta secara khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama.

Baca juga: Pandemi tidak halangi semangat peringatan HUT kemerdekaan ke-75 RI

Baca juga: Peringatan HUT ke-75 RI di Istana dilaksanakan terbatas


Adapun untuk memeriahkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di tengah pandemi COVID-19, Menparekraf juga menyiapkan sejumlah perlombaan yang bersifat virtual. Salah satunya lomba video digital mengenai perayaan 17 Agustus di kampung dan desa yang akan dinilai oleh juri melalui video.

"Akan ada tim verifikasi juga. Diharapkan lomba menjadi berbeda. Semoga masyarakat dapat mengikuti dengan khidmat, meriah dan dengan rasa semangat untuk dapat jauh lebih baik dan bangkit dari pandemi," kata dia.

Adapun upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tetap akan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta pada 17 Agustus 2020 namun dengan peserta terbatas.

Upacara akan dihadiri Presiden beserta istri, Wapres beserta istri, pejabat yang bertugas dalam upacara, TNI/Polri, serta hanya melibatkan tiga orang Paskibraka beserta cadangan yang seluruhnya diambil dari Paskibraka cadangan tahun sebelumnya.

Sementara tokoh bangsa dan menteri lainnya tetap mengikuti upacara kemerdekaan ke-75 RI secara virtual.

Baca juga: Banyak cara memaknai hari kemerdekaan RI

Baca juga: HUT Kemerdekaan RI - Malaysia dirayakan bersama di Kuala Lumpur

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Usulkan anggaran RAPBN 2021 sebesar Rp8 triliun, ini strategi bangkitkan pariwisata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar