Olimpiade

77 persen responden survei di Jepang bilang Olimpiade tak bisa digelar

77 persen responden survei di Jepang bilang Olimpiade tak bisa digelar

Seorang pria menggunakan masker saat mengendarai sepedanya melewati poster bergambar maskot Olimpiade Tokyo 2020 Miraitowa ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Tokyo, Jepang, Kamis (4/6/2020). (REUTERS/KIM KYUNG-HOON)

Jakarta (ANTARA) - Survei terkini yang diumumkan Japan News Network (JNN) pada Senin mendapati 77 persen dari responden mereka menyatakan Olimpiade 2020 Tokyo "tidak bisa digelar" tahun depan.

Sedangkan dari total responden yang dimintai pendapatnya dalam survei sepanjang akhir pekan kemarin itu hanya 17 persen yang meyakini pesta olahraga akbar empat tahunan yang sudah tertunda itu bisa dilangsungkan tahun depan, demikian lansiran Reuters, Senin.

Kendati demikian, pihak JNN tak mengungkapkan apa saja alasan yang diajukan para responden atas jawaban mereka dalam survei tersebut.

Baca juga: Hasil polling : setengah penduduk Tokyo tolak Olimpiade tahun depan

Olimpiade 2020 Tokyo sedianya bakal menyongsong upacara pembukaan pada bulan depan, tetapi hantaman pandemi COVID-19 membuat panitia pelaksana lokal dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sepakat menunda ajang itu setahun ke depan.

Pun demikian setumpuk masalah masih dihadapi oleh panpel Olimpiade 2020 Tokyo termasuk biaya yang membengkak, ketersediaan arena yang direncanakan dan tentunya keselamatan segenap pihak yang terlibat, mengingat pandemi masih membayangi hampir di setiap penjuru dunia.

Beberapa waktu lalu, panpel lokal sempat mengutarakan niatan mereka untuk "menyederhanakan" Olimpiade 2020 Tokyo dengan harapan bisa menekan biaya serta meminimalisir risiko terkait COVID-19.

Baca juga: Dewan Olimpiade Tokyo munculkan opsi perpanjangan penundaan
Baca juga: Panpel Olimpiade Tokyo masih berusaha amankan penggunaan kampung atlet
Baca juga: 80 persen arena telah dipastikan untuk Olimpiade tahun depan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KOI dan ANTARA dukung Indonesia tuan rumah Olimpiade 2032

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar