Sepak Bola Nasional

Pelatih: intensitas latihan timnas U-16 akan terus ditingkatkan

Pelatih: intensitas latihan timnas U-16 akan terus ditingkatkan

Para pemain tim nasional U-16 Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Kegiatan itu menjadi persiapan tim menuju Piala Asia U-16 2020 yang berlangsung pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain. (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti mengatakan bahwa intensitas latihan skuatnya di pemusatan latihan (TC) yang berlangsung di Bekasi mulai hari ini, Senin (6/7), akan terus ditingkatkan seiring waktu.

"Pada minggu pertama, kami masih harus beradaptasi karena sudah sekitar tiga bulan pemain tidak berlatih di lapangan karena pandemi COVID-19. Setelah ini, intensitas akan meningkat di minggu kedua dan seterusnya," ujar Bima, dikutip dari keterangan resmi PSSI di Jakarta, Senin.

Menurut Bima, dirinya dan staf pelatih tidak bisa menerapkan latihan dengan tempo tinggi sejak awal TC karena kondisi fisik pemain berbeda-beda ketika tiba di Bekasi.

Baca juga: Skuat timnas U-16 nonreaktif COVID-19 dan siap jalani TC
Baca juga: Timnas U-16 jalani TC di Bekasi pada 6-29 Juli


Selain itu, sentuhan bola mereka juga tidak seperti biasanya karena selama libur pemain hampir tidak pernah beraktivitas di lapangan hijau.

Alexandro Kamuru dan kawan-kawan hanya menjalani persiapan individu yang dipantau secara virtual oleh Bima Sakti dan staf pelatih.

"Oleh karena itu, mulai hari pertama, kegiatan ditujukan untuk mengembalikan kembali sentuhan mereka. Intensitasnya pun tidak terlalu tinggi," kata Bima.

Gelandang serang timnas U-16 Marselino Ferdinan mengakui dia masih harus terus membiasakan diri dengan bola setelah lama tidak menginjak lapangan.

Kebugaran fisiknya pun mesti ditingkatkan agar optimal.

"Saya sudah lama tidak ke lapangan. Operan pun kadang salah-salah. Kondisi fisik juga menurun. Namun seiring adaptasi, hal-hal ini akan saya perbaiki ke depan," tutur Marselino.

Baca juga: Timnas U-16 latihan daring saat pandemi COVID-19

TC timnas U-16 berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 6-29 Juli 2020. Kegiatan ini diikuti oleh 26 pemain. Pada hari pertama, Senin (6/7), TC dimulai pukul 07.00 WIB dan berlangsung selama 1,5 jam.

Skuat belia Garuda tersebut tengah disiapkan untuk berlaga di Piala Asia U-16 2020 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain.

Di kejuaraan itu, timnas U-16 Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang.

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di laga perdana Grup D pada Jumat (27/11), kemudian melawan China pada Senin (30/11) dan Jepang pada Kamis (3/12).

Baca juga: Timnas U-16 Indonesia tetap optimistis meski berada di grup sulit

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta pemain Timnas U-16 jaga gaya hidup

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar