Untuk Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan

SINGAPURA--(Antara/BUSINESS WIRE)--Penyedia telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia (NYSE: TLK), bekerja sama dengan Vonage (Nasdaq: VG), pemimpin global dalam komunikasi cloud, dalam melakukan transformasi digital khususnya untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan.

Vonage Messages API telah diintegrasikan ke dalam lima divisi bisnis di Telkom Indonesia - IndiHome, layanan ritel broadband, wifi.id, layanan Wi-Fi dan hotspot, Telkom DBS, solusi bisnis digital, Telkom DWS, divisi wholesale services dan Telkom OCA, layanan komunikasi lewat berbagai saluran.

Vonage mendukung pemberitahuan pelanggan Telkom Indonesia via komunikasi multikanal, sebagai contoh, untuk pemberitahuan tagihan dan pengingat tagihan. Vonage Message API juga memungkinkan Telkom Indonesia untuk berinteraksi dengan jutaan pelanggan1 dengan lebih efektif melalui sarana yang populer bagi pelanggan di Indonesia - WhatsApp dan SMS. Vonage menyediakan cara sederhana untuk berintegrasi dengan solusi WhatsApp Business di mana chatbot Telkom Indonesia merespons pelanggan dengan informasi yang sering ditanyakan seperti permintaan penagihan, detail produk, dan informasi perusahaan.

Dengan populasi lebih dari 272 juta, Indonesia menawarkan 338 juta koneksi seluler, 171 juta pengguna internet seluler dan lebih dari 160 juta pengguna media sosial aktif. Di antara mobile application lainnya, WhatsApp berperingkat paling atas; disusul oleh Facebook, Instagram, dan Twitter. Ini juga merupakan platform media sosial kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia setelah YouTube². Sehingga bagi perusahaan di Indonesia, WhatsApp adalah saluran yang ideal untuk menjangkau pelanggan mereka.

"Industri telekomunikasi di Indonesia sangat kompetitif," kata Rizki Primasakti, Kepala OCA Telkom, PT Telekomunikasi Indonesia. “Untuk mempertahankan keunggulan, kami perlu memastikan bahwa pertanyaan dan keluhan dari pelanggan dapat ditangani secara cepat dan efektif. Adalah penting kalau kami bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui aplikasi yang saat ini sudah mereka gunakan.

“Dengan Vonage Message API terpasang di dalam sistem kami, kami dapat mengatasi berbagai kendala, sebagai contoh notifikasi yang tidak terkirim. Menggunakan WhatsApp, kami sekarang dapat memvalidasi bahwa pelanggan telah menerima dan membaca pesan-pesan penting seperti pengingat tagihan, sehingga tunggakan pembayaran bisa dikurangi."

“Memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan adalah prioritas utama bagi semua perusahaan. Sangat penting bahwa sebuah brand dapat menawarkan cara yang cepat dan efisien untuk menjangkau pelanggan mereka dan meningkatkan pengalaman pelanggan,” ujar Sunny Rao, Senior Vice President dan General Manager di Vonage untuk wilayah Asia Pasifik. “Vonage Messages API dapat dengan mudah diintegrasikan dengan SMS, MMS, dan aplikasi media sosial yang populer, sehingga memungkinkan pelaku bisnis berkomunikasi dengan pelanggan lewat saluran yang mereka pilih. Vonage Messages API memungkinkan integrasi langsung ke berbagai saluran tanpa perlu dilakukan secara terpisah ,” tambahnya.

Telkom Indonesia adalah konglomerat telekomunikasi multinasional dengan lebih dari 10 anak perusahaan dan entitas investasi. Telkom Indonesia melayani individu maupun perusahaan dari berbagai industri termasuk perbankan, pendidikan, energi, keuangan, kesehatan, industri, manufaktur, konstruksi dan transportasi. Telkom Indonesia adalah perusahaan induk dari operator seluler terbesar di Indonesia, PT Telkomsel.

Vonage API menawarkan solusi komunikasi lewat pesan, suara dan video. Solusi ini memungkinkan integrasi berbagai saluran komunikasi ke dalam aplikasi dan perangkat yang sudah ada, tanpa perlu programming yang rumit. Pada saat ini Vonage API Platform digunakan oleh lebih dari satu juta developer di seluruh dunia. Lewat platform ini para developer dapat mengembangkan rangkaian lengkap layanan suara, video, pesan, dan email. Melalui mitranya, platform Vonage digunakan di dalam proyek transformasi terkemuka di Asia Pacific.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Vonage, kunjungi www.vonage.com.
###
________________________________________

Tentang Vonage

Vonage, (Nasdaq: VG) pemimpin komunikasi cloud global, membantu bisnis mempercepat transformasi digital mereka. Platform Layanan Komunikasi Vonage sepenuhnya dapat diprogram dan memungkinkan integrasi Video, Suara, Obrolan, Perpesanan, dan Verifikasi ke dalam produk, alur kerja, dan sistem yang ada. Aplikasi komunikasi dan pusat kontak terpadu Vonage yang sepenuhnya dapat diprogram dibangun dari platform Vonage dan memungkinkan perusahaan untuk mengubah cara mereka berkomunikasi dan beroperasi dari kantor atau dari mana pun, memberikan fleksibilitas yang luar biasa dan memastikan kelangsungan bisnis.

Vonage Holdings Corp berkantor pusat di New Jersey, dengan kantor di seluruh Amerika Serikat, Eropa, Israel, Australia dan Asia. Untuk mengikuti Vonage di Twitter, silakan kunjungi www.twitter.com/vonage. Untuk menjadi penggemar di Facebook, buka facebook.com/vonage. Untuk berlangganan di YouTube, kunjungi youtube.com/vonage.

Kontak

Kontak Humas Vonage
Nicola Brookes
Tel: +44 (0)125 659 7454

Kontak Investor Vonage
Hunter Blankenbaker
+1 732-444-4926

Sumber: Vonage

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020