KA Bima dan Sembrani tujuan Jakarta mulai beroperasi 10 Juli 2020

KA Bima dan Sembrani tujuan Jakarta mulai beroperasi 10 Juli 2020

KA melintas di salah satu jalur di wilayah Daop 8 Surabaya. (ANTARA/A Malik Ibrahim)

Surabaya (ANTARA) - Dua kereta api (KA) dari Jawa Timur, yakni KA Bima dan Sembrani tujuan Jakarta mulai beroperasi pada tanggal 10 Juli 2020, untuk mendukung transportasi dan akomodasi masyarakat di normal baru yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto di Surabaya, Selasa, mengatakan beroperasi dua KA jarak itu menambah beberapa KA sebelumnya yang telah beroperasi, namun tetap menggunakan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Beberapa syarat protokol kesehatan yang wajib dipenuhi penumpang sebelum berangkat di antaranya menggunakan masker, menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif, atau surat keterangan uji cepat (rapid-test) dengan hasil non reaktif yang berlaku sama yaitu 14 hari pada saat keberangkatan.

Selain itu, menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau rapid-test, ditambah penggunaan face shield dan jas pelindung (jaket atau pakaian lengan panjang).

Baca juga: Pantau antrean penumpang, Wakil Wali Kota Bekasi sidak stasiun KA

Baca juga: KA Turangga kembali layani perjalanan Jakarta-Surabaya mulai hari ini


Kemudian, penumpang wajib bersedia sewaktu-waktu diperiksa suhu badannya oleh petugas KA, dan jika dalam perjalanan mengalami gejala influensa atau suhu badan > 37.3 derajat celcius penumpang dipindahkan ke kereta isolasi, selanjutnya diturunkan di stasiun terdekat untuk dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

"Bagi penumpang dari dan tujuan Jakarta juga wajib memiliki Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) wilayah DKI Jakarta, kecuali bagi sektor yang dikecualikan berdasarkan Pergub DKI Jakarta No:47 Tahun 2020," katanya.

Suprapto mengatakan, dua KA tersebut tidak beroperasi setiap hari, dan hanya pada hari tertentu saja, di antaranya pertengahan Juli 2020 pada hari Jumat-Minggu tanggal 10,11,12,17,18,19, 24, 25 dan 26 Juli 2020, kemudian di akhir Juli 2020 beroperasi dari hari Kamis sampai Jumat tanggal 30 sampai 31 Juli 2020.

Sebelumnya, sudah ada dua perjalanan KA Surabaya-Jakarta yang telah beroperasi pada Juli 2020 ini, yakni KA Kertajaya dan KA Turangga sejak tanggal 3 Juli 2020.*

Baca juga: KA Bandara Soekarno-Hatta batasi kapasitas penumpang 70 persen

Baca juga: KA jarak jauh tujuan Palembang tidak operasional hingga 31 Juli 2020

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penumpang naik 62,5%, KAI Daop 8 Surabaya tambah 6 perjalanan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar