Tambah dua, pasien sembuh COVID-19 di Aceh 42 orang

Tambah dua, pasien sembuh COVID-19 di Aceh 42 orang

Arsip Foto - Petugas medis mengambil sampel swab tenggorokan salah seorang warga dalam pemeriksaan swab massal terkait COVID-19 di Kota Banda Aceh, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Khalis)

KamiĀ berharap kedua pasien yang baru sembuh ini tetap menjalankan protokol kesehatan
Banda Aceh (ANTARA) - Dua warga di Provinsi Aceh yang positif terpapar COVID-19 dinyatakan sembuh sehingga total pasien yang telah bebas dari COVID-19 di daerah berjulukan Tanah Rencong tersebut sebanyak 42 orang.

Juru bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani, Rabu, mengatakan dua warga yang telah sembuh itu berinisial His, 55 tahun, dan EMI, 31 tahun. Selama ini mereka berdua dirawat di respiratory intensive care unit (RICU) dan ruang isolasi pinere RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

"Kami berharap kedua pasien yang baru sembuh ini tetap menjalankan protokol kesehatan di hari-hari selanjutnya agar penyakit itu tidak berulang," katanya, di Banda Aceh.

Dia menjelaskan, pria berinisial His tersebut dirawat di RICU sejak Juni lalu, setelah dinyatakan positif COVID-19. Selama 16 hari dalam penanganan medis, His akhirnya sembuh berdasarkan hasil uji usap negatif dua kali berturut.

Baca juga: ABK asal Ponorogo Jawa Timur reaktif corona dikarantina di Aceh Barat

Baca juga: GTPP susun produk protokol kesehatan secara islami di Aceh Barat


Sedangkan EMI, kata dia, perempuan asal Banda Aceh yang telah menjalani perawatan selama tujuh hari di ruang isolasi Pinere RSUD Zainoel Abidin. EMI tidak memiliki riwayat ke zona merah, namun pernah berkontak dekat dengan warga terpapar COVID-19.

"Mereka berdua sudah dibolehkan pulang untuk pemulihan kesehatannya di rumah masing-masing," katanya.

Selain itu, jubir yang akrab disapa SAG itu juga menyampaikan penambahan satu kasus COVID-19 di Aceh yang berasal dari Kabupaten Bireuen.

Warga yang terpapar itu yakni seorang perempuan paruh baya yang berusia 57 tahun. Hasil pelacakan, pasien ini memiliki riwayat perjalanan ke daerah penularan lokal COVID-19 di luar Aceh.

“Ia berobat ke RSUD dr Fauziah Bireuen karena batuk-batuk. Pasien ini jujur mengaku pernah ke zona infeksius dan tim medis melakukan swab cairan nasofaring dan orofaringnya," kata SAG.

Secara kumulatif, Aceh telah melaporkan sebanyak 88 kasus COVID-19, diantaranya 42 orang telah sembuh, tiga orang meninggal dunia, dan 43 orang lainnya dalam penanganan medis.

Baca juga: 1.669 ASN Pemprov Aceh jalani tes cepat COVID-19

Baca juga: Dinkes minta tenaga medis berhati-hati tangani pasien COVID-19

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Akademisi tanggapi sanksi baca Alquran bagi pelanggar protokol kesehatan di Aceh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar