Liga Inggris

Klasemen Liga Inggris seusai Liverpool dan Man City kompak menang

Klasemen Liga Inggris seusai Liverpool dan Man City kompak menang

Logo kompetisi sepak bola Liga Premier Inggris. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Dua tim teratas klasemen Liga Inggris, Liverpool dan Manchester City, kompak meraih kemenangan dalam rangkaian laga pekan ke-34 yang berlangsung tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Man City main lebih dulu menjamu Newcastle United dan menang dengan skor telak 5-0 atas tamunya itu di Etihad dalam laga yang dilabeli oleh Pep Guardiola sebagai pertunjukan kepiawaian gelandang gaek David Silva.

Silva mengirim assist untuk gol pertama yang dicetak Gabriel Jesus kemudian mencetak gol keempat Man City lewat eksekusi tendangan bebas menawan dan mengirim assist lagi untuk gol pemungkas kemenangan yang dibukukan oleh Raheem Sterling.

Kemenangan itu membuat Man City mengoleksi 69 poin dan sementara memangkas jarak keunggulan Liverpool menjadi 20 poin.

Baca juga: Man City jadikan Newcastle pelampiasan, lesakkan lima gol tanpa balas
Baca juga: Salah dua gol satu assist ketika Liverpool bekuk Brighton 3-1


Akan tetapi sekira dua jam berselang sang juara juga meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 3-1 atas tuan rumah Brighton & Hove Albion di Stadion Amex.

Mohamed Salah jadi aktor utama kemenangan itu, lewat dua golnya dan satu assist untuk gol lain yang dicetak sang kapten Jordan Henderson.

Hasil itu membuat Liverpool kembali merestorasi keunggulan 23 poin atas Man City lewat koleksi total sementara 92 poin.

Liverpool kini hanya berjarak delapan poin untuk menyamai rekor centurion atau total 100 poin yang diraih Man City pada musim 2017/18. Bahkan, jika mereka memenangi tiga dari empat laga sisanya tim besutan Juergen Klopp itu akan mengambil alih rekor total poin itu sendirian dari tangan The Citizens.

Selain itu, jika berhasil mempertahankan atau menambah keunggulan 23 poin, maka Liverpool bakal jadi juara Liga Inggris dengan marjin terbesar, rekor yang juga dimiliki Man City pada 2017/18 dengan 19 poin.

Kedua rekor itu tentunya akan jadi raihan manis bagi Liverpool, yang menyudahi paceklik gelar liga tiga dasawarsa dengan menorehkan rekor juara tercepat, yakni ketika musim masih menyisakan tujuh pertandingan.

Baca juga: Menang dramatis atas Wolverhampton, Sheffield United dekati zona Eropa
Baca juga: Burnley jaga asa ke Eropa selepas tundukan West Ham


Dalam laga lainnya, Sheffield United dan Burnley sama-sama menang tipis 1-0 atas lawan-lawannya, yakni Wolverhampton dan West Ham United, untuk menjaga asa memperoleh satu tiket kualifikasi kompetisi Eropa musim depan.

Sheffield kini ke urutan ketujuh dengan 51 poin, sedangkan Burnley yang punya 49 poin berada dua strip di bawahnya.

Rangkaian laga pekan ke-34 masih tiga pertandingan pada Kamis (9/7) waktu setempat (Jumat WIB), termasuk Manchester United yang bertandang ke Aston Villa dengan peluang untuk memangkas jarak empat poin dari zona Liga Champions.

Sedangkan Tottenham Hotspur juga berpeluang untuk kembali mengambil alih posisi ketujuh jika menang di kandang Bournemouth.

Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan ke-34 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Rabu (8/7) dini hari
Watford 2 - Norwich City 1 (Craig Dawson 10', Danny Welbeck 55'; Emiliano Buendia 4') Baca juga: Watford buat Norwich di ambang degradasi
Crystal Palace 2 - Chelsea 3 (Wilfried Zaha 34', Christian Benteke 72'; Olivier Giroud 6', Christian Pulisic 27', Tammy Abraham 71') Baca juga: Tundukkan Crystal Palace, Chelsea lompat ke tiga besar
Arsenal 1 - Leicester City 1 (Pierre-Emerick Aubameyang 21'; Jamie Vardy 84') Baca juga: Leicester imbangi 10 pemain Arsenal 1-1

Kamis (9/7) dini hari
Manchester City 5 - Newcastle United 0 (Gabriel Jesus 10', Riyad Mahrez 21', Federico Fernandez bd-58', David Silva 65', Raheem Sterling 90+1')
Sheffield United 1 - Wolverhampton 0 (John Egan 90+3')
West Ham United 0 - Burnley 1 (Jay Rodriguez 38')
Brighton & Hove Albion 1 - Liverpool 3 (Leandro Trossard 45'; Mohamed Salah 6', 76', Jordan Henderson 8')

Jumat (10/7) dini hari
00.00 Bournemouth vs Tottenham Hotspur Baca juga: Dele Alli absen melawan Bournemouth
00.00 Everton vs Southampton Baca juga: Kualifikasi ke Eropa tak akan pengaruhi proyek jangka panjang Everton
02.15 Aston Villa vs Manchester United Baca juga: Solskjaer ingatkan pasukannya bahaya Grealish

Klasemen Liga Inggris

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar