Pangkalpinang (ANTARA News) - Garuda Indonesia akan melayani penerbangan dari Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang menuju Hanandjoeddin Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel), untuk mendukung program Visit Babel Archi 2010.

"Pihak Garuda Indonesia sudah menjanjikan membuka penerbangan ke Belitung, dan realisasinya pada 2010 guna mendukung program Visit Babel Archi 2010," kata Gubernur Babel Eko Maulana Ali di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan pelayanan penerbangan ke Pulau Belitung harus menjadi perhatian, karena kabupaten itu merupakan salah satu daerah tujuan wisata.

Menurut dia, frekuensi penerbangan di Babel cukup tinggi, yakni mencapai 70 hingga 75 persen. Ini sebagai bukti arus kunjungan ke daerah tersebut cukup tinggi.

"Kami optimistis program Visit Babel Archi 2010 yang merupakan titik awal kebangkitan pariwisata di daerah setempat dengan menarik para wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara berjalan dengan baik, jika melihat dari arus kunjungan ke Babel," katanya.

Gubernur mengatakan fasilitas pendukung kepariwisataan di Babel belum memadai, dan perlu ditingkatkan lagi seperti bandara, pelabuhan, hotel, jalan dan fasilitas di objek wisata.

"Kami terus memacu pembangunan yang terkait dengan kepariwisataan dalam menyongsong Visit Babel Archi 2010," katanya.

Ia mengatakan pembangunan Bandara Depati Amir terus ditingkatkan seperti memperpanjang dan memperlebar landasan agar bisa didarati pesawat berbadan lebar, serta pembangunan terminal.

"Diharapkan pada 2010 Bandara Depati Amir menjadi bandara internasional," katanya.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009