Moskow (ANTARA News/Reuters) - Sebuah pesawat kargo jatuh segera setelah lepas landas dari kota Mirny, Rusia timur di wilayah Yakutia, menewaskan 11 orang di pesawat itu, kata pihak kejaksaan Rusia, Minggu.

Pesawat IL-76 milik kementerian dalam negeri, jatuh sekitar satu kilometer dari Mirny tidak lama setelah tinggal landas menuju Irkutsk, kata komisi penyelidikan kantor Kejaksaan Agung dalam sebuah pernyataan.

Rusia adalah salah satu dari negara-negara yang memiliki catatan keselamatan penerbangan terburuk dunia, dengan pesawat era Soviet yang usang, fasilitas bandara-bandara yang ketinggalan zaman, pemeliharaan pesawat yang buruk dan standar yang longgar yang membuat bertambah tingginya jumlah kecelakaan.

Tahun lalu semua 88 penumpang dan awak sebuah pesawat Boeing milik Aeroflot tewas ketika pesawat itu jatuh akibat terbakar dekat pegunungan Ural. Pada tahun 2006, 170 orang tewas ketika pesawat TU-154 jatuh di Ukraina dalam perjalanan menuju St Petersburg.

Seorang pejabat pers kementerian dalam negeri mengemukakan kepada jaringan televisi Rusia Vesti pesawat itu oleng ke kanan segera setelah tinggal landas.

"Pesawat itu terbang tidak sampai dua kilometer dengan ketinggian 20-30 meter sebelum jatuh dekat sebuah tambang tua," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009