Trump akan tandatangani tiga perintah eksekutif turunkan harga obat

Trump akan tandatangani tiga perintah eksekutif turunkan harga obat

Presiden Amerika Donald Trump menunjukkan deklarasi darurat kepresidenan untuk kesehatan masyarakat atas krisis opioid bangsa di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Kamis (26/10/2017). (REUTERS/Kevin Lamarque )

Washington (ANTARA) - Presiden Donald Trump akan menandatangani tiga perintah eksekutif untuk menurunkan harga obat resep, kata Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows, Kamis.

"Presiden akan melakukan tiga perintah eksekutif berbeda yang secara substansial akan memastikan bahwa rata-rata orang Amerika bisa mendapat harga lebih murah untuk obat resep mereka," kata Meadows dalam sebuah wawancara di Fox Business Network.

Namun, Meadows tidak menyebutkan detail dan tidak mengatakan kapan perintah eksekutif itu akan ditandatangani.

Pada Senin, Meadows mengatakan kepada Fox News bahwa Gedung Putih ingin melakukan sesuatu untuk membuat murah harga obat resep setelah Kongres gagal bertindak.

Baca juga: 18 negara bagian gugat Trump karena tarik subsidi Obamacare

Baca juga: Hapus Obama Care, Trump janjikan layanan kesehatan untuk semua


Trump terus membuntuti calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dalam jajak pendapat menjelang pemilihan presiden AS pada 3 November, dan topik tentang biaya perawatan kesehatan merupakan isu utama dalam kampanye.

Dewan Perwakilan Rakyat AS -- yang dikontrol Partai Demokrat -- pada Senin mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) tentang kesehatan yang mencakup ketentuan untuk memangkas harga obat resep. Undang-undang itu nantinya diperkirakan akan ditolak di Senat yang dikendalikan oleh Partai Republik.

Sumber: Reuters

Baca juga: Google mulai perketat iklan terkait pemilu Amerika Serikat

Baca juga: Trump: Pemungutan suara layanan kesehatan tunggu hingga pemilu 2020

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Indonesia terima kiriman 100 ventilator dari AS

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar