Satu kawasan sepeda Jakarta Pusat ditiadakan karena zona merah

Satu kawasan sepeda Jakarta Pusat ditiadakan karena zona merah

Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

kami tiadakan KKP karena masuk zona merah COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta Pusat, Sholeh mengatakan satu lokasi kawasan khusus pesepeda (KKP) di Jalan Amir Hamzah, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat ditiadakan karena termasuk dalam zona merah COVID-19.

"Iya betul, di lokasi itu kami tiadakan KKP karena masuk zona merah COVID-19," kata Sholeh saat dikonfirmasi, di Jakarta, Jumat.

Dalam salinan Instruksi Wali Kota Jakarta Pusat nomor 28 tahun 2020 yang diterima ANTARA, untuk pelaksanaan aktivitas olahraga di KKP pada Minggu (12/7) mendatang akan ada tujuh titik yang dapat digunakan masyarakat.

Lebih lanjut, dalam instruksi Wali Kota Jakarta Pusat itu tercantum durasi pelaksanaan kegiatan di KKP hanya berdurasi tiga jam yaitu mulai pukul 06.00 WIB-09.00 WIB.

Hanya kegiatan olahraga seperti jalan santai, lari, ataupun bersepeda yang diperbolehkan di KKP.

"Tidak ada acara perayaan (hiburan), tidak ada pedagang dan kegiatan lainnya yang berpotensi membuat kerumunan," ujar Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dalam Instruksi Wali Kota nomor 28/2020 itu.

Ketujuh Kawasan Khusus Pesepeda di Jakarta Pusat itu adalah sebagai berikut:
1. Kecamatan Gambir: Jalan Suryopranoto
2. Kecamatan Sawah Besar:Jalan Penjagalan Raya Jembatan Merah
3. Kecamatan Kemayoran:Jalan Benyamin Sueb
4. Kecamatan Senen:Jalan Paseban Raya
5. Kecamatan Tanah Abang: Jalan Tondano
6. Kecamatan Johar Baru: Jalan Percetakan Negara II
7. Kecamatan Cempaka Putih: Jalan Cempaka Putih Raya.

Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi kegiatan berolahraga di luar ruangan di hari Minggu seperti pada saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) rutin dilakukan sudah diperbolehkan.

Namun pelaksanaannya selama PSBB transisi dibagi ke puluhan titik yang tersebar di berbagai wilayah kota dan tidak dipusatkan ke satu titik yaitu Jalan MH Thamrin - Jalan Jendral Sudirman.

Puluhan titik itu pun diberi nama KKP dan hanya kegiatan olahraga yang diperkenankan di kawasan itu.

Untuk di Jakarta Pusat awalnya KKP tersebar di delapan titik, termasuk di Jalan Amir Hamzah Kecamatan Menteng. Namun diputuskan dalam Instruksi Walikota Jakarta Pusat 28/2020 bahwa mulai Minggu (12/7) pelaksanaan KKP di Jakarta Pusat dilaksanakan dalam tujuh titik saja.

Baca juga: DKI Jakarta kaji parkiran lebih besar untuk sepeda
Baca juga: Kemunduran, jika sepeda kena pajak





Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bundaran HI tetap ramai meski CFD ditiadakan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar