Jakarta (ANTARA) - Kepala tim Racing Point Otmar Szafnauer di sela-sela sesi latihan bebas Grand Prix Styria, Austria, Jumat, mengungkapkan bahwa juara dunia empat kali Sebastian Vettel tak akan mendapatkan bangku di timnya untuk musim balapan Formula 1 tahun depan.

Vettel akan meninggalkan Ferrari setelah musim 2020 berakhir dan akan digantikan oleh Carlos Sainz yang hijrah dari McLaren.

Masa depan sang pebalap Jerman itu di tengah ketidakpastian karena ia belum mengamankan kontrak satu pun untuk 2021.

Baca juga: Verstappen puncaki FP2 Grand Prix Styria, Ricciardo kecelakaan
Baca juga: "Pink Mercedes" Sergio Perez tercepat di FP1 Grand Prix Styria


"Tersanjung jika setiap orang mengira juara dunia empat kali harus datang ke tim kami, mungkin karena mobil ini lebih cepat sekarang," kata Szafnauer di sesi konferensi video seperti dikutip Reuters.

"Kami memiliki kontrak panjang dengan kedua pebalap kami jadi kami tidak memiliki ruang itu adalah sesuatu yang logis."

Sergio Perez telah mengamankan perpanjangan kontrak tiga tahun dengan Racing Point, sementara Lance Stroll adalah anak dari miliarder Kanada, Lawrence, yang memiliki Racing Point, dan sepertinya tak akan dibuang oleh ayahnya dari tim yang tahun depan berganti nama menjadi Aston Martin itu.

Di saat Vettel kebingungan mencari pijakan, juara dunia dua kali Fernando Alonso, yang pensiun dari F1 pada akhir 2018, akan kembali pada 2021 menggantikan Daniel Ricciardo di tim Renault.

Red Bull, tim yang mempersembahkan Vettel empat gelar dari 2010-2013 juga telah menutup pintunya untuk mantan pebalapnya itu dan lebih memilih talenta-talenta muda seperti Max Verstappen dan Alexander Albon.

Salah satu opsi yang masih terbuka bagi Vettel adalah tim Alfa Romeo, yang ditenagai mesin Ferrari.

Sedangkan Mercedes masih memiliki dua pebalap yang kuat, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, kendati keduanya belum mengamankan kontrak untuk musim 2021.

Baca juga: FIA peringatkan Ferrari menyusul pelanggaran protokol COVID-19
Baca juga: F1 resmi masukkan Sirkuit Mugello dan Sochi di revisi kalender 2020
Baca juga: Alonso tak perlu bantuan dariku, kata Ricciardo


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020