Pengadilan Swedia: mantan dubes tak bersalah dalam kasus Gui Minhai

Pengadilan Swedia:  mantan dubes  tak bersalah dalam kasus Gui Minhai

Ilustrasi- Vonis pengadilan (ANTARA)

Secara keseluruhan, ditetapkan bahwa persyaratan obyektif untuk kejahatan kesewenang-wenangan dalam negosiasi dengan kekuatan asing tidak terpenuhi.
Stockholm (ANTARA) - Salah satu pengadilan di Swedia, pada Jumat, menyatakan mantan duta besar untuk China tidak bersalah atas tuntutan melampaui otoritasnya dalam berhubungan dengan kekuasaan asing terkait pertemuan yang bertujuan membantu pembebasan penjual buku Gui Minhai.

Duta besar Anna Lindstedt digantikan dalam posisinya setelah dia mengikuti pertemuan di Stockholm pada Januari 2019. Kementerian Luar Negeri Swedia mengatakan pihaknya tidak memberi wewenang pertemuan tersebut dan dia telah mengambil tindakan yang bertentangan dengan kebijakan Swedia dengan ikut berpartisipasi.

Pengadilan wilayah Stockholm mengatakan dalam putusannya: "Secara keseluruhan, ditetapkan bahwa persyaratan obyektif untuk kejahatan kesewenang-wenangan dalam negosiasi dengan kekuatan asing tidak terpenuhi."

Baca juga: AS "sangat prihatin" dengan penahanan warga negara Swedia oleh China

Gui, seorang warga negara Swedia yang tinggal di Hong Kong dan telah menerbitkan buku yang kritis terhadap para pimpinan Komunis China, dihukum 10 tahun penjara di China pada bulan Februari lalu setelah dinyatakan bersalah memberikan informasi intelijen kepada orang asing secara ilegal.

Gui diculik di Thailand pada 2015 lalu dan kemudian hadir sebagai tahanan di China daratan. Kasus penjual buku itu telah memperkeruh hubungan antara Swedia dan China, yang juga berada di bawah tekanan terkait isu-isu keamanan.

Kasus terhadap Lindstedt merupakan kasus semacam itu yang pertama di Swedia. Apabila dinyatakan bersalah, tuntutan atas dia dapat berarti enam tahun penjara.

Anak perempuan Gui, Angela, mengatakan dia diundang oleh duta besar itu untuk bertemu dengan dua orang pelaku bisnis tak dikenal yang dapat membantu memastikan pembebasan ayahnya. Dia juga menyebut dalam pertemuan itu, dia disarankan untuk bungkam terkait kasus ayahnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Penjual buku kritik pemerintah China dipenjara 10 tahun
Baca juga: Swedia menuntut China bebaskan Gui Minhai

Penerjemah: Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar