Jakarta (ANTARA) - Pep Guardiola mengatakan bahwa target domestik utama Manchester City adalah finis runner-up Liga Premier Inggris, yang menurutnya lebih penting dibandingkan memenangi Piala FA atau Piala Carabao.

City telah menjelma sebagai kekuatan dominan sepak bola Inggris sejak kedatangan Guardiola di Stadion Etihad pada 2016.

The Citizens total telah memenangkan delapan trofi di bawah juru taktik asal Spanyol tersebut, termasuk dua gelar Liga Premier sambil membuat standar baru dalam hal konsistensi dan penampilan.

Baca juga: Hasil undian Liga Champions: Atalanta tantang PSG di perempat final
Baca juga: Jadwal Liga Inggris pekan ke-35, Derbi London berlangsung Minggu


Liverpool juga berhasil meningkatkan performa mereka pada musim 2019-20 setelah hampir meraih gelar liga Inggris musim lalu dengan hanya menelan satu kekalahan.

Skuat Jurgen Klopp dinobatkan sebagai juara liga Inggris musim ini menyusul kekalahan 1-2 City di kandang Chelsea pada 25 Juni dan mereka berpotensi memecahkan rekor jumlah poin terbanyak dalam satu musim.

Namun, City telah mengantongi Piala Liga ketiga berturut-turut dan mereka masih bersaing di semi final Piala FA serta pertandingan babak 16 besar Liga Champions melawan Real Madrid.

Terlepas dari peluang treble kedua berturut-turut, Guardiola menegaskan bahwa menjadi runner-up di Liga Premier Inggris memiliki nilai lebih dibandingkan trofi-trofi piala domestik.

"Organisasi ini ingin memenangi gelar, jadi tentu saja ini bukan kepuasan yang sempurna tetapi sebuah pengakuan bahwa lawan kami lebih baik dalam kompetisi ini dan kami tidak berada di level itu," ujar Guardiola dalam sebuah konfrensi pers yang dikutip Goal pada Sabtu (11/7).

"Kami tidak dapat menyangkal bahwa target (tempat) kedua lebih baik daripada menjuarai Piala FA, Piala Carabao atau yang lainnya dan kualifikasi untuk Liga Champions, yang diperjuangkan klub-klub lain."

"Kami bukan yang terbaik, tetapi kami lebih baik dibandingkan 18 tim lainnya. Ini adalah target untuk dicapai musim ini," tambah eks pelatih Barcelona dan Bayern Munchen itu.

Skuat asuhan Guardiola dijadwalkan akan menghadapi Brighton di Stadion Amex pada Minggu dini hari WIB.

Baca juga: Mikel Arteta ingin Shokdran Mustafi perpanjang kontrak dengan Arsenal
Baca juga: Jose Mourinho janjikan trofi untuk Spurs sebelum kontraknya habis
Baca juga: Moyes anggap musim ini 40 poin tak lagi angka magis hindari degradasi


 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020