Singapura (ANTARA) - Partai Aksi Rakyat (PAP) yang unggul pada pemilihan umum Singapura, Jumat (10/7), mengisyaratkan kemungkinan penundaan rencana suksesi dan para analis memperkirakan perubahan kebijakan lain yang dapat mempengaruhi pusat bisnis internasional itu.

PAP mengamankan 83 kursi dari total 93 kursi di parlemen---sebuah kemenangan besar menurut standar internasional---tetapi merupakan penurunan drastis dalam perolehan suara rakyat, sementara oposisi memenangi 10 kursi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hasil itu menunjukkan "keinginan jelas akan keragaman suara", menurut Perdana Menteri Lee Hsien Loong dalam konferensi pers Sabtu pagi.

"Warga Singapura ingin PAP membentuk pemerintah tetapi mereka, terutama para pemilih yang lebih muda, juga ingin melihat lebih banyak kehadiran oposisi di parlemen," kata Lee.

Hasil pemilihan memberikan gambaran tentang rencana Lee untuk mencari mandat bagi generasi pemimpin berikutnya saat ia bersiap untuk turun.

Para analis mengatakan Partai Buruh yang kuat bisa membuat pergantian kekuasaan dari Lee menjadi lebih menantang.

Penggantinya yang ditunjuk, Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat, meraih 53 persen suara di daerah pemilihannya dalam ujian nyata pertama popularitasnya.

"Ini bukan dukungan kuat dari para pemimpin baru," kata Bridget Welsh, rekan riset kehormatan di University of Nottingham Asia Research Institute Malaysia.

Heng (59) dianggap "tidak memiliki daya tarik nasional dalam kampanye," seperti halnya banyak pemimpin generasi berikutnya, kata Welsh.

Perdana menteri, yang bertaruh dengan menyerukan pemilu di tengah pandemi COVID-19, mengatakan dia sekarang akan "melihat krisis ini selesai"---sebuah pernyataan yang diartikan oleh para analis kemungkinan Lee dapat menunda rencana pensiunnya.

Putra pendiri Singapura Lee Kuan Yew, yang merupakan perdana menteri ketiga sejak kemerdekaan Singapura, mengatakan dia sedang bersiap untuk menyerahkan kendali kepada generasi pemimpin baru di tahun-tahun mendatang.

Dengan mayoritas parlemen yang luar biasa, PAP jarang harus memperhatikan opini publik tentang kebijakan atau rencana pemerintah.

Heng telah dipilih oleh rekan-rekannya sebagai pemimpin masa depan dalam proses rahasia dibandingkan dengan bagaimana kardinal memilih paus.

Stabilitas dan prediksi menentukan politik Singapura, yang didominasi oleh PAP sejak kemerdekaan pada 1965, terbukti sangat penting dalam mengembangkan negara itu menjadi pusat keuangan global dan pusat perdagangan regional.

Namun para analis mengatakan, kemunduran yang tak terduga untuk partai Lee memungkinkan aturan yang lebih ketat tentang tenaga kerja asing dan perubahan lain pada kebijakan sosial untuk meredakan kekhawatiran yang diajukan oleh partai-partai oposisi.

"Pembuat kebijakan akan memiliki batasan yang lebih ketat tenaga kerja asing di dan untuk menggandakan upaya kesejahteraan ekonomi kelompok berpenghasilan rendah," kata Song Seng Wun, seorang ekonom CIMB Private Banking.

Pada 2011, ketika PAP mencatat rekor terendah 60 persen dalam pemungutan suara, partai itu memperketat aturan perekrutan internasional untuk mengatasi sensitivitas pemilih.

Para pemilih tahun ini juga menyatakan keprihatinan tentang prospek pekerjaan mereka dan apakah Singapura yang kecil dan kaya membutuhkan begitu banyak orang asing dengan bayaran tinggi.

Baca juga: Pemilu Singapura, PAP kembali unggul tetapi suara partai oposisi naik
Baca juga: "Lockdown" dilonggarkan, Singapura gelar pemilu pada 10 Juli
Baca juga: Singapura usulkan RUU untuk pastikan pemilu aman selama wabah corona

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020