Perguruan Tinggi Harus Teladani Ramah Lingkungan

Bogor (ANTARA News) - Perguruan tinggi (PT) harus menjadi pusat teladan dan perubahan perilaku yang ramah lingkungan, kata Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Prof Dr Fasli Jalal, Selasa.

Fasli Jalal mengemukakan, partisipasi dan komitmen masyarakat kampus sangat penting dalam upaya mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan berkelanjutan.

"PT harus berada di garda terdepan dalam memberikan teladan perubahan perilaku lingkungan hidup. PT harus menjadi contoh bagi masyarakat sekitarnya dan bangsa ini," tutur Fasli Jalal.

Teladan yang dapat dilakukan PT antara lain dengan mewujudkan lingkungan kampus yang bersih, indah dan nyaman.

Selain itu, lanjut Fasli, kepedulian terhadap lingkungan hidup juga dapat diekspresikan dengan membentuk berbagai pusat studi terkait.

Seperti yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) yang memiliki mayor Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL), Manajemen Ketahanan Pangan hingga Fakultas Ekologi Manusia (FEMA).

Langkah lain dapat diwujudkan dengan menggagas Pusat Perubahan Iklim (Climate Change Center/CCC) yang dapat bermitra dengan Menneg LH dan Bapedalda.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Siswa di Palupuh naik turun bukit mencari sinyal untuk belajar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar