Jakarta (ANTARA) - Hujan deras yang mengguyur Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Sabtu waktu setempat menguntungkan pebalap Formula 2 Sean Gelael sehingga mampu tampil disiplin untuk finis di posisi sepuluh besar pada balapan yang bernama GP Styria itu.

Dengan finis sepuluh besar, pebalap tim DAMS asal Indonesia seperti dipantau dari laman resmi Formula 2 dari Jakarta, Minggu mampu meraih satu poin. Hasil ini jelas membuat semangat baru mengingat pada balapan sebelumnya gagal total.

Pebalap berusia 23 tahun ini mengawali balapan dari posisi 16, sedangkan rekan satu timnya Dan Ticktum start satu tingkat di atas pebalap yang didukung Jagonya Ayam itu. Balapan sendiri sempat tertunda sekitar dua jam karena hujan.

Kejuaraan FIA Formula 2 musim 2020 di Red Bull Ring, Austria, dimulai dalam panduan Safety Car. Hujan yang turun pada seri bernama GP Styria tersebut bahkan sempat meniadakan sesi free practice 3 dan menunda kualifikasi Formula 1.

Baca juga: Sean Gelael tak ingin gagal lagi di Austria

Yuki Tsunoda yang start terdepan terus memimpin, sampai kesalahan di pit membuatnya finis di posisi dua di bawah Robert Shwatzman yang menjadi jawara. Guanyu Zhou melengkapi podium.

Sean Gelael yang start dari posisi 16 tidak kalah disiplin dengan para pebalap di depan. Dia sempat naik beberapa posisi sebelum akhirnya masuk pit. Pelan tapi pasti posisinya terus naik.

Dengan manajemen ban yang bagus, Sean yang ketika keluar pit terpaut hampir enam detik dari rekan setimnya di DAMS, Dan Ticktum, bahkan sempat memperkecil jarak itu hingga 0,8 detik di posisi 9 dan 10.

Namun Sean Gelael kehabisan waktu untuk menyusul Ticktum. Bahkan ketika momentum menyusul Jack Aitken tersedia, anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael itu tidak mau berisiko karena sudah di lap terakhir.

Baca juga: Sean Gelael bakal hadapi tantangan berat di Red Bull Ring
Baca juga: Sean Gelael akhiri penantian panjang berlaga di Formula 2


"Dari pada kami bertabrakan, lebih baik saya mengamankan poin. Namun kalau itu untuk memperebutkan posisi 8, yang berarti pole position Race 2, saya akan memaksanya," kata Sean keterangan resminya.

Hasil di Race 1 GP Styria menurut Sean akan dijadikan bekal untuk menjalani Race 2. Pihaknya tidak ingin kendala teknis seperti balapan di GP Austria kembali terjadi. Untuk itu, satu poin awal ini sangat berharga sebagai pembangkit motivasi dia dan timnya.

"Memang apa yang dialami kami pekan lalu itu sungguh tak mengenakkan. Namun Sean justru menyemangati kami untuk bangkit. Dan hari ini terbukti kami bisa bangkit dengan mendapat poin dari kedua pebalap," kata Team Principal DAMS Francois Sicard.

Jadwal Livestreaming F2 Styria

Minggu, 12 Juli
16.10 WIB: Race 2 (28 lap atau 45' + 1 lap)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020