Petugas mendisinfeksi Pasar Pramuka untuk cegah COVID-19

Petugas mendisinfeksi Pasar Pramuka untuk cegah COVID-19

Petugas Damkar Jakarta Timur menyemprotkan disinfektan di Pasar Pramuka, Minggu (17/2020), saat penutupan operasional akibat COVID-19. Pasar Pramuka ditutup pada 11-13 Juli 2020 akibat seorang pedagang obat positif tertular COVID-19. (ANTARA/HO-Damkar Jaktim).

Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan menyemprotkan cairan disinfektan di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, saat penutupan operasional akibat COVID-19, Ahad.

"Pengerahan personel dari Kantor Sektor 1 Matraman sebanyak tujuh personel berikut peralatan kerja," kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Jakarta.

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di seluruh kios Pasar Pramuka yang berjumlah 240 unit berikut gedung serta fasilitas parkir. Kegiatan itu menghabiskan 30 liter air yang dicampur dengan 250 sedok kaporit sebagai bahan disinfektan.

Pasar Pramuka di RT 06/RW 03 Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, sebelumnya ditutup oleh otoritas terkait pada Sabtu (11/7).

Baca juga: Puluhan rumah terbakar akibat kompor menyala ditinggal pergi
Baca juga: 150 warga Rawamangun mengungsi akibat kebakaran


Penutupan sementara operasional selama tiga hari ke depan itu dilatarbelakangi temuan satu pedagang alat kesehatan tertular COVID-19 berdasarkan hasil tes usap (swab test).

"Untuk penyemprotan hari ini adalah yang kedua kali sejak kemarin untuk sterilisasi. Besok juga akan disemprot lagi," kata Kepala Pasar Pramuka Saniem.

Saniem membenarkan ada satu pedagang obat di pasar tersebut yang sedang menjalani karantina secara mandiri akibat COVID-19.
"Yang bersangkutan isolasi mandiri," katanya.

Rencananya Pasar Pramuka kembali dibuka pada Selasa (14/7) dengan memperketat protokol kesehatan bagi pengunjung maupun pedagang.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pasar Jaya masih sediakan 1 juta masker murah per hari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar