Kemarin, Gugus Tugas siapkan aturan potong kurban hingga Harkopnas

Kemarin, Gugus Tugas siapkan aturan potong kurban hingga Harkopnas

Ilustrasi: Penjualan hewan kurban yang ada di Kota Palangka Raya. (ANTARA/Ronny NT)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (12/7) kemarin, mulai dari aturan terkait mekanisme pemotongan hewan kurban hingga komponen sepeda yang didorong bisa diproduksi lokal di dalam negeri.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Gugus Tugas siapkan aturan pemotongan hewan kurban

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyiapkan aturan terkait mekanisme pemotongan hewan kurban maupun shalat Idul Adha yang jatuh pada 31 Juli 2020.

Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan dalam keterangan di Jakarta, Minggu mengatakan sebaiknya masyarakat melakukan pemotongan hewan di tempat pemotongan hewan yang sudah disediakan.

Baca selengkapnya di sini
 

2. Terapkan protokol kesehatan, Kulon Progo siap buka objek wisata

Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan seluruh objek wisata di wilayahnya siap dibuka dengan menerapkan standar operasional pelaksanaan protokol kesehatan bidang pariwisata.

"Secara umum, objek wisata di Kulon Progo baik yang dikelola pemerintah kabupaten maupun masyarakat sudah menerapkan protokol kesehatan yang dibuktikan dengan simulasi uji coba pembukaan di beberapa titik," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kulon Progo Yudono Hindri Atmoko di Kulon Progo, DIY, Minggu.

Baca selengkapnya di sini
 

3. Dukung lumbung pangan, Kementan dorong pola pertanian terpadu

Kementerian Pertanian tengah mendorong pengembangan pertanian terpadu (integrated farming) guna mendukung upaya Pemerintah dalam mewujudkan lumbung pangan.

Saat mengunjungi pola integrated farming di Desa Jagan Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi menjelaskan pola pertanian terpadu dengan menerapkan "zero waste" belakangan ini banyak ditekuni petani untuk memenuhi berbagai kebutuhan pangan secara holistik dalam satu lahan.

Baca selengkapnya di sini


4. Teten dorong koperasi go digital saat peringatan Harkopnas ke-73

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-73 bersama IKA Undip mendorong koperasi di Indonesia untuk go digital sebab digitalisasi menjadi kunci sukses pengembangan koperasi.

“Digitalisasi koperasi ini menjadi kunci. Efisiensi dan efektivitas layanan koperasi hanya mungkin kita raih dengan melek digital,” kata Teten Masduki dalam seminar hari koperasi Indonesia dengan topik Seminar New Platform Koperasi - UMKM Integrasi sistem sharing ekonomi digital untuk kesejahteraan sosial oleh IKA Undip secara virtual, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


5. Menperin dorong komponen sepeda dibangun di dalam negeri

Kementerian Perindustrian sedang berupaya memperdalam struktur manufaktur pada sektor industri sepeda di dalam negeri, guna mendorong tumbuhnya produsen komponen sehingga dapat lebih mengoptimalkan penggunaan produk lokal dalam mata rantai produksi sepeda.

“Kami akan koordinasikan dengan berbagai pihak, terutama sektor industrinya itu sendiri untuk bisa mengembangkan sepeda dengan komponen-komponen yang diproduksi di dalam negeri,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di sela kegiatannya bersepeda di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Warga Binaan Pemasyarakatan turut menyumbangkan hewan kurban

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar