Pengawasan di YIA diperketat seiring meningkatnya jumlah penumpang

Pengawasan di YIA diperketat seiring meningkatnya jumlah penumpang

Manajemen Bandara Internasional Yogyakarta juga telah memperketat pelaksanaan protokol kesehatan di seluruh area bandara. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Dengan bertambahnya jumlah penumpang, pengawasan kita terhadap protokol kesehatan ini tidak akan surut
Yogyakarta (ANTARA) - Pengawasan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo, terus diperketat seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang.

"Dengan bertambahnya jumlah penumpang, pengawasan kita terhadap protokol kesehatan ini tidak akan surut. Pemeriksaan (terhadap penumpang) ini wajib hukumnya," kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) Manajer Umum YIA Agus Pandu Purnama di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin.

Menurut Agus, untuk mendeteksi lebih awal kemungkinan tertular COVID-19, seluruh penumpang calon penumpang harus melewati pemeriksaan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Yogyakarta.

"Semua lewat pemeriksaan di Kantor Kesehatan Pelabuhan sehingga ketika ada kasus tertentu, di dalam bandara, tahap pertama akan diketahui," kata Agus Pandu.

KKP Yogyakarta, kata dia, akan terus menerus memantau kelengkapan berkas calon penumpang. Hanya penumpang yang dilengkapi berkas dokumen kesehatan dari rumah sakit rujukan COVID-19 yang diizinkan melakukan penerbangan.

"Kami yakin bandara bisa diakses masyarakat dan bebas dari penyebaran virus COVID-19. Seluruh petugas mengikuti tata cara kesehatan. Kita akan evakuasi atas tindakan setiap hari," kata dia.

Ia menyebutkan pada akhir pekan jumlah penerbangan di YIA dari biasanya rata-rata hanya 32 hingga 36 penerbangan meningkat menjadi 40 kali penerbangan.

"Apalagi per 8 Juli YIA ada rute internasional ke Kuala Lumpur (Malaysia)," kata dia.

Sementara itu, untuk jumlah penumpang dari biasanya rata-rata sekitar 3.000 orang per hari, menurut dia, pada akhir pekan bisa tembus hingga 4.000 penumpang.

Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Pemerintah DIY untuk Penanganan COVID-19, Biwara Yuswantana berharap peningkatan jumlah penerbangan diikuti kesiapsiagaan tim petugas termasuk satgas penegakan hukum di bandara.

"Harus ada penanganan dan pemeriksaan di sana. Kita sudah mempersiapkan satgas itu. Semoga peningkatan sudah terjadi disertai kesiapan semua unsur di sana," kata Biwara.

Baca juga: AP I operasikan penerbangan internasional Bandara YIA-Kuala Lumpur
Baca juga: Penerbangan internasional di Bandara Yogyakarta dibuka September

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Angkasa Pura 1 Yogyakarta siapkan loket pengembalian biaya tiket

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar