Asuncion, (ANTARA News) - Presiden Paraguay Fernando Lugo memecat tiga pemimpin militer negara itu Rabu, sehari setelah membantah rumor tentang kemungkinan kudeta di tengah meningkatnya kecaman oposisi terhadap pemerintahnya.

Lugo menggantikan para pemimpin angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara, kata pernyataan dari kantor pers Angkatan Bersenjata, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Ini adalah kocokan ketiganya terhadap komando militer tertinggi negaranya, sejak Lugo mengambil alih pemerintahan setahun setengah yang lalu.

Dia tidak memberi komentar mengenai keputusan ini.

Mantan uskup Katolik Roma yang cenderung ke kiri, Lugo menang dalam pemilihan presiden tahun lalu, mengakhiri lebih dari 60 tahun pemerintahan konservatif dari Partai Colorado.

Pemerintahan koalisinya berjuang mendesak melalui satu agenda reformis dan menghadapi penentangan dari anggota parlemen Colorado yang menguasai Kongres.

Para pemimpin oposisi kian meningkatkan kecamannya kepada Lugo pada beberapa hari terakhir ini. Mereka menuduhnya gagal menghentikan meningkatnya kejahatan dan menyeru dilakukannya penyelidikan mengenai tuduhan-tuduhan tidak benar penjualan tanah, yang melibatkan seorang pembantu presiden.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009