Pekan ini, Penajam rampungkan penyaluran BLT DD tahap ketiga

Pekan ini, Penajam rampungkan penyaluran BLT DD tahap ketiga

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin (ANTARA/Novi Abdi)

Empat KPM di Desa Rintik memilih mundur dari daftar penerima BLT DD karena telah dapat bantuan sosial lainnya dari pemerintah pusat
Penajam (ANTARA) - Sesuai target, pekan ini Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur merampungkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap ketiga dengan sasaran 2.464 keluarga penerima manfaat (KPM) tersebar di 30 desa.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin, di Penajam, Senin, mengatakan penyaluran BLT DD senilai Rp1,47 miliar selesai pekan ini.

Kepala desa, lanjut ia, terlebih dahulu diminta melakukan evaluasi atau verifikasi terhadap penerima BLT DD untuk mengantisipasi adanya data penerima bantuan secara ganda.

Hal paling utama untuk penyaluran bantuan sosial tersebut, menurut Alimuddin, kesiapan seluruh perangkat desa, termasuk kepala desa, untuk membagikan BLT DD kepada KPM yang telah terdata.

DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara juga melakukan monitoring kegiatan penyaluran bantuan tunai langsung yang bersumber dari Dana Desa tersebut.

"Pemantauan penyaluran BLT DD saat ini kami lakukan di Desa Babulu Laut dan Rintik, Kecamatan Babulu," ujar dia.

Baca juga: BLT DD tahap ketiga Penajam Paser Utara segera disalurkan

Ia mengatakan setiap KPM menerima BLT DD sebesar Rp600.000, yang pembagiannya dipusatkan di Kantor Desa Babulu Laut dan Desa Rintik.

Berdasarkan pantauan tersebut kata Alimuddin, jumlah penerima BLT DD di Desa Babulu Laut sebanyak 31 KPM, sedangkan di Desa Rintik sebanyak 47 KPM.

Jumlah KPM yang terdata di Desa Rintik sebanyak 51 KPM, namun berkurang empat keluarga penerima menjadi 47 KPM.

"Empat KPM di Desa Rintik memilih mundur dari daftar penerima BLT DD karena telah dapat bantuan sosial lainnya dari pemerintah pusat," kata Alimuddin.

Sejumlah warga mengaku senang dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menyalurkan bantuan di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: 7 daerah di Aceh telah 100 persen cairkan DD tahap dua
Baca juga: Di Kabupaten Landak, penyaluran BLT Dana Desa melalui ATM penerima
Baca juga: Enam warga di Gunung Mas kembalikan BLT DD

Pewarta: Novi Abdi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar