Prajurit TNI keliling kampung layani pengobatan di perbatasan RI-PNG

Prajurit TNI keliling kampung layani pengobatan di perbatasan RI-PNG

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif 125/Si'mbisa memberikan pelayanan kesehatan bagi warga kampung Kondo, di wilayah perbatasan RI-PNG, Selasa (14/7/2020). (ANTARA Papua/HO-Pendam XVII/Cenderawasih)

Pelayanan kesehatan bagi warga yang membutuhkan sudah seharusnya menjadi skala prioritas
Merauke (ANTARA) - Prajurit TNI Satuan Tugas Pamtas Yonif 125/Si’mbisa berkeliling kampung untuk membantu melayani pengobatan kesehatan bagi warga yang sedang sakit di Kampung Kondo wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini (PNG).

Dansatgas Yonif 125/Si'mbisa Letkol Inf Anjuanda Pardosi, di Merauke, Selasa, mengatakan pelayanan pengobatan keliling kampung untuk warga perbatasan RI-PNG dilakukan Pratu Hendro Prasojo dari tim kesehatan Pos Kondo.

"Pos Kesehatan Kondo memberikan pelayanan kesehatan kepada Since, putri dari pasangan Bapak Nahum Sanggra dan Ibu Jein, warga Kampung Kondo, Distrik Neukenjerai, Kabupaten Merauke Papua," ujar Dansatgas Yonif 125/Si'mbisa Letkol Inf Anjuanda Pardosi.

Letkol Anjuanda menyebutkan, kondisi kesehatan bayi Since yang baru berusia 9 bulan tersebut mengalami diare, sehingga ibunya, Jein harus membawanya ke Pos Kondo untuk berobat.

Setibanya di pos, tim kesehatan tanpa menunggu langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada Since mulai dari pemeriksaan sampai dengan memberikan obat.

"Apa yang dilakukan Pratu Hendro memang merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab kami. Pelayanan kesehatan bagi warga yang membutuhkan sudah seharusnya menjadi skala prioritas," ujar Anjuanda Pardosi melalui Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih.
Baca juga: Prajurit TNI beri bimbingan belajar anak di perbatasan Indonesia-PNG


Anjuanda berharap, semoga kehadiran Satgas Yonif 125/Si’mbisa dapat membantu kesulitan yang dialami warga di perbatasan RI-PNG.

Ibu Jein mengatakan bahwa kondisi cuaca di Kampung Kondo saat ini tidak menentu, sehingga berakibat banyak warga mengeluhkan sakit flu, demam dan diare, termasuk putrinya Since.

Saat mengetahui bayinya Since terkena diare, lanjut ibu Jein, ia langsung membawa ke Pos TNI di Kampung Kondo untuk berobat.

"Dan bapak-bapak TNI pun dengan sigap langsung memeriksa dan mengobati putri saya. Terima kasih saya ucapkan kepada bapak-bapak tentara yang sudah membantu pengobatan putri saya," ujar Ibu Jein.

"Saya dan warga yang lain sangat bersyukur atas kehadiran Pos Satgas TNI di kampung kami, karena mereka selalu ada untuk membantu. Ya, semoga bapak-bapak TNI selalu diberi kesehatan dalam menjalankan tugas," kata ibu Jein pula.
Baca juga: Patroli kesehatan digelar TNI di Kampung Tatakra perbatasan RI-PNG

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar