Karena masing-masing daerah harus memiliki kepekaan untuk menyesuaikan kebijakan dalam penanganan COVID-19, agar masyarakat terhindar dari terinfeksi virus COVID-19 tersebut
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pemerintah perlu menerapkan kebijakan ketat penanganan COVID-19 yang dapat meningkatkan kedisiplinan dan kewaspadaan masyarakat.

Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam siaran pers di Jakarta, Selasa, mendorong pemerintah daerah menerapkan kebijakan praktis dan preventif yang dipatuhi seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: Menyongsong harapan di ujung pandemi
Baca juga: Ketua MPR minta pemda masif sosialisasikan kepatuhan protokol COVID-19


"Karena masing-masing daerah harus memiliki kepekaan untuk menyesuaikan kebijakan dalam penanganan COVID-19, agar masyarakat terhindar dari terinfeksi virus COVID-19 tersebut," ujar Bamsoet.

Kemudian dia juga mendorong pemda mengambil kebijakan emergency brake system apabila masyarakat masih tidak disiplin melaksanakan protokol pencegahan COVID-19 dan jika kasus positif terus mengalami lonjakan.

Di sisi lain Pemerintah dinilai perlu mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk peduli bahaya COVID-19 disamping meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, mengingat persebaran virus COVID-19 kian meluas.

Dia juga mendorong pemerintah dan Tim Gugus Tugas COVID-19 untuk terus meningkatkan kapasitas tes, pelacakan serta penanganan medis dalam penanggulangan kasus COVID-19 di setiap daerah sehingga kasus-kasus baru COVID-19 dapat segera dideteksi dan ditangani dengan cepat dan tepat, dan melokalisir daerah penyebarannya.

Baca juga: Wacana pembubaran OJK, ini respons Bamsoet
Baca juga: Isi MPLS, Ketua MPR ajak siswa aktif berorganisasi

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020