Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan seluruh jajaran TNI untuk menegakkan disiplin kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19, khususnya di delapan provinsi.

Panglima TNI mengatakan hal itu saat memimpin rapat internal terkait penegakan Disiplin Kesehatan di delapan provinsi prioritas di Indonesia, yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Papua, bertempat di Subden Mabes TNI, Jakarta Pusat, Selasa.

Baca juga: Presiden minta perwira TNI-Polri buat lompatan kemajuan atasi COVID-19

Dalam rapat yang digelar secara virtual tersebut, Panglima TNI menyampaikan langsung perintah dari Presiden Joko Widodo terkait 3 T, yaitu Testing (pengujian), Tracing (pelacakan), dan Treatment (perawatan) terkait melonjaknya kasus positif COVID-19 di delapan provinsi tersebut.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) ini mengingatkan agar satuan jajaran TNI terus bekerja sama dengan Polri dan aparat pemerintah daerah lainnya guna memutus mata rantai dan mencegah penyebaran COVID-19 yang hingga saat ini masih terus meningkat.

Baca juga: Panglima TNI: Waspadai gangguan kedaulatan negara di tengah COVID-19

"Masih banyak warga yang enggan menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah dan di ruang-ruang publik saat transisi kebiasaan baru menjadi pemicu penularan virus corona," ujarnya.

Marsekal Hadi menekankan agar sinergitas yang telah terjalin harus terus dilaksanakan termasuk di antaranya bersinergi dengan semua elemen yang ada, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda untuk berpartisipasi membangun kesadaran kolektif menggunakan masker melalui penegakan disiplin kesehatan.

Baca juga: Panglima TNI harap masyarakat produktif dan patuhi protokol kesehatan

Selain itu, kata dia, intervensi berbasis lokal juga harus diterapkan seperti yang telah dilaksanakan di Madiun dengan "Pendekar Waras" (Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Agar Warga Sehat), yang mampu melaksanakan pendekatan kepada masyarakat dengan hasil yang cukup baik.

Turut hadir dalam rapat tersebut di antaranya para Kepala Staf Angkatan, Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Irjen TNI Letjen TNI M Herindra, para Pangkogabwilhan, Kabais TNI Marsekal Madya TNI Kisenda Wiranatakusumah, para pejabat TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020