Lee Young-ae "Jang Geum" dapat surat dari Ibu Negara Uzbekistan

Lee Young-ae "Jang Geum" dapat surat dari Ibu Negara Uzbekistan

Lee Young-ae (Yonhap)

Jakarta (ANTARA) - Lee Young-ae, salah satu aktris ternama Korea Selatan yang berperan sebagai Dae Jang Geum dalam serial "Jewel in the Palace", menerima surat ucapan terima kasih dari Ibu Negara Uzbekistan baru-baru ini atas bantuannya untuk penonton televisi Uzbekistan.

Menurut agensi Lee Young-ae, Ziroatkhon Hoshimova, istri Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev, berterimakasih kepada Lee lewat surat pada Juni lalu karena menyumbangkan hak tayang sehingga drama "Saimdang, Memoir of Colors" yang dibintangi Lee pada 2017 lalu bisa tayang gratis di Uzbekistan.

Ibu Negara itu menulis dia "sangat senang mengetahui bantuan Lee" dalam membantu penayangan serial itu di Uzbekistan.

Bantuan sang aktris disebutnya sangat berarti di tengah pandemi COVID-19, seperti dikutip dari Korea Times.

"Saya selalu senang dan mengapresiasi cinta dan perhatian Lee terhadap Uzbekistan. Perbuatan baik Lee sangat menyentuh hati kami," imbuh dia.

Baca juga: Lee Young-ae, pemeran Dae Jang Geum, kembali setelah 14 tahun vakum

Baca juga: Aktris "Jang Geum" kembali ke layar kaca setelah 14 tahun hiatus


Drama yang tayang di Korea pada periode Januari hingga Mei 2017 bercerita tentang fakta dan fiksi tentang sejarah kehidupan tokoh Korea, Shin Saimdang yang diperankan Lee.

Ia bermain untuk dua peran perempuan – di masa kini Seo Jiyun, seorang dosen paruh waktu, dan sebagai pelukis sekaligus kaligrafis Korea terkenal pada abad ke-16.

Drama tersebut diproduksi dengan biaya hampir 22 miliar won, dan produser menjual besar-besaran hak tayang untuk mencari pendapatan.

Perusahaan itu awalnya berusaha menjual hak tayang di Uzbekistan, tapi Lee "terus-menerus" meyakinkan para eksekutif untuk "menyumbangkan" hak tayang, khawatir kenaikan biaya mungkin membuat para penggemar di Uzbekistan tidak bisa menikmati drama Korea, termasuk dramanya, kata agensi Lee.

Lee secara khusus tertarik membantu 600.000 etnis Korea di Asia Tengah, termasuk 200.000 orang di Uzbekistan, untuk lebih mengenal Korea dan budaya melalui drama.

Lee secara pribadi menghabiskan lebih dari 100 juta won untuk sulih suara dan berbagai langkah lain yang harus dilewati agar serial itu bisa tayang di Uzbekistan.

Lee Young-ae terkenal di Uzbekistan berkat serial "Jewel in the Palace" yang meraih rating penonton 97 persen di sana.

Lee adalah salah satu tamu yang diundang ketika Presiden Moon Jae-in menjamu Presiden Uzbekistan Mirziyoyev dan Ibu Negara Hoshimova di sebuah jamuan negara di Seoul pada November 2017.

Baca juga: Jinyoung GOT7 kembali berakting di drama bareng Lee Bo Young

Baca juga: Lee Jong-hyun keluar dari CNBLUE

Baca juga: Drama Korea "Goblin" dan "Saimdang" akan tayang di HBO Go

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Korsel apresiasi Indonesia sebarkan budaya pop Korea - Wawancara khusus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar