Ogan Komering Ulu masuk Top 99 Kabupaten versi KIPP

Ogan Komering Ulu masuk Top 99 Kabupaten versi KIPP

Stasiun Baturaja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan. ANTARA/Edo Purmana/am.

Baturaja (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan masuk dalam Top 99 Kabupaten/Kota di Indonesia pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020.

"Berdasarkan hasil presentase dari Tim Panel Independen (TPI) KIPP bahwa Kabupaten OKU masuk dalam Top 99 Kabupaten/Kota di Indonesia pada KIPP 2020 untuk Kategori Umum," kata Sekretaris Daerah Pemkab Ogan Komering Ulu, Ahmad Tarmizi, di Baturaja, Rabu.

Ia mengatakan, materi yang diangkat dalam KIPP yaitu tentang inovasi Gerakan Bersama Pemberdayaan Penyandang Disabilitas (Gema Daya Pentas) Kabupaten OKU.

Baca juga: DPKP OKU aktifkan lagii posko pemadam kebakaran Lubuk Batang

Inovasi Gema Daya Pentas OKU merupakan upaya Dinas Sosial kabupaten setempat melalui kolaborasi dengan lintas sektor dalam program pemberdayaan ekonomi penyandang disabilitas.

Latar Belakang Inovasi Gema Daya Pentas OKU yaitu disabilitas di Kabupaten OKU berjumlah 1.221 jiwa atau 80 persen merupakan disabilitas fisik sedang dan ringan yang belum mandiri.

Baca juga: Komunitas Pohon Indonesia OKU tanam 16 ribu bibit pohon buah

Menurut dia, belum optimalnya program pemberdayaan penyandang disabilitas ini karena keterbatasan anggaran dan minimnya keterlibatan instansi terkait serta kurangnya tenaga pendamping disabilitas.

Melalui inovasi ini, ia berharap dapat meningkatnya kemandirian ekonomi disabilitas, menumbuhkan kepedulian lintas sektoral dan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan bagi disabilitas dan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas di wilayah setempat.

"Dan juga melalui inovasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian lintas sektoral dan hilangnya stigma masyarakat terhadap disabilitas," ujarnya.

Baca juga: Objek wisata di OKU Sumsel mulai dibuka

   

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Inovasi rompi dan tongkat bagi para disabilitas netra

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar