Menkominfo terima kunjungan Dubes Qatar, buka peluang investasi TIK

Menkominfo terima kunjungan Dubes Qatar, buka peluang investasi TIK

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam konferensi pers di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (15/7/2020). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) Negara Qatar untuk Republik Indonesia, Yang Mulia Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti pada Rabu.

"Pertemuan ini membicarakan perkembangan kerjasama dalam bidang telekomunikasi dan informatika antara Indonesia dan Qatar," ujar Johnny dalam konferensi pers di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Menkominfo ingatkan pentingnya lindungi NIK

Menurut Menteri Johnny, Duta Besar Fawziya Edrees menyampaikan keinginan untuk merealisasikan kesepakatan-kesepakatan yang dibuat pada 2018.

"Kami tentunya menyambut baik keinginan tersebut, dan pemerintah Indonesia mengundang Qatar untuk memperluas investasi, khususnya dalam bidang telekomunikasi dan pariwisata," kata Johnny.

Menteri Komunikasi menyatakan Indonesia saat ini tengah melakukan percepatan transformasi digital. Prioritas utama dalam upaya percepatan tersebut adalah pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk penuntasan pembangunan infrastruktur di tahap tengah (middle-mile) dan pembangunan infrastruktu tahap akhir (last-mile).

Dalam diskusi tersebut, menteri Johnny mengatakan, pemerintah Indonesia mengundang juga pemerintah Qatar melalui perusahaan-perusahaan Qatar di Indonesia di sektor telekomunikasi untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur tahap tengah dan akhir sesuai dengan agenda besar pemerintah Indonesia.

Pemerintah Indonesia juga menyampaikan peluang kerjasama di bidang lainnya, seperti pariwisata, khususnya di kawasan Pulau Komodo dan Labuan Bajo, dalam hal ini tentunya pembangunan hotel dan resort.

"Hal ini sangat penting mengingat kawasan tersebut merupakan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas yang sudah ditetapkan oleh presiden bapak Joko Widodo," ujar Johnny.

Kunjungan kehormatan hari ini menunjukkan komitmen yang besar dari Kementerian Kominfo dan Kedutaan Besar Qatar di Indonesia untuk percepatan pembangunan di sektor telekomunikasi dan informatika, maupun dukungan terhadap sektor-sektor lainnya.

"Kami mengundang kerjasama antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Qatar yang lebih luas dapat berjalan dengan lebih erat melalui berbagai inisiatif yang ada, terlebih di masa pandemi COVID-19," ujar Menteri Johnny.

Saat menerima Duta Besar Fawziya Edrees, Menteri Johnny didampingi oleh Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Staf Khusus Menteri Zulfan Lindan dan Staf Khusus Menteri Dedi Permadi.


Baca juga: Kominfo giat bangun infrastruktur telekomunikasi demi bantu UMKM

Baca juga: Facebook Connectivity dan Alita perluas jaringan fiber optik Indonesia

Baca juga: Kominfo minta operator seluler selidiki dugaan data bocor

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemkominfo bentuk Desk Karhutla

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar