Dedi Mulyadi inisiasi dibukanya persawahan baru seluas ribuan hektare

Dedi Mulyadi inisiasi dibukanya persawahan baru seluas ribuan hektare

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi. (ANTARA/Istimewa)

Purwakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menginisiasi dibukanya areal persawahan dan perkebunan baru seluas ribuan hektare di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

"Selain di Purwakarta, rencananya pembukaan persawahan dan perkebunan baru yang terintegrasi ini juga akan dibangun di Kabupaten Subang," kata Dedi dalam sambungan telepon yang diterima di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan, untuk areal sawah akan dicetak seluas 2.000 hektare dan didesain berupa tampak siring. Sehingga akan terlihat menarik dan bisa menjadi tempat wisata baru yang menghasilkan pendapatan bagi masyarakat.

Baca juga: Kepala BRG sebut cetak sawah baru sama dengan program restorasi gambut

"Di areal persawahan itu juga nantinya akan ditanami pohon dan dibuat jalur sepeda. Ini akan menjadi areal pertanian sekaligus tempat wisata baru yang menarik," katanya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini menyampaikan, konsep pembangunan areal persawahan dan perkebunan baru ini menjadi terintegrasi antara sektor pertanian dengan pariwisata.

Dengan begitu di areal sawah yang baru nanti akan dibangun kawasan peternakan dan sentra kuliner. Sehingga bisa menggerakan ekonomi kerakyatan.

Baca juga: Sumatera Selatan target tiga besar penghasil beras nasional

Mantan Bupati Purwakarta ini mengatakan, di antara tujuan dibukanya areal persawahan dan perkebunan baru itu ialah untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan akibat pandemi COVID-19 serta kekeringan.

Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pandangan Komisi IV terkait impor bawang putih

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar