Bamsoet dorong perusahaan tunaikan kewajiban CSR

Bamsoet dorong perusahaan tunaikan kewajiban CSR

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. ANTARA/HO-Humas MPR RI

CSR menjadi penguat hubungan antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat berdasarkan prinsip saling menguntungkan (kemitraan).
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan setiap perusahaan agar tak melupakan kewajiban corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial.

Melalui CSR, kata Bamsoet, perusahaan telah bertanggung jawab terhadap dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan di sekitar wilayah usaha mereka. Hal ini sekaligus menjadi penguat hubungan antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat berdasarkan prinsip saling menguntungkan (kemitraan).

"Jika setiap perusahaan menjalankan CSR-nya secara baik, niscaya tak akan terjadi konflik antara perusahaan dan masyarakat," katanya dalam acara Teropong CSR Award 2020 yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Telkomsel salurkan CSR Rp4,5 miliar bagi tenaga medis COVID-19

Menurut dia, sangat penting bagi perusahaan untuk tidak sekadar memandang CSR sebagai pengeluaran atau beban biaya, tetapi memandang CSR sebagai bagian dari pembangunan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mantan Ketua DPR RI yang ditunjuk menjadi Ketua Dewan Juri Teropong CSR Award 2020 berharap melalui penghargaan dapat memacu semangat berbagai perusahaan untuk makin peduli terhadap CSR, terlebih pada masa pandemi COVID-19.

"Kepedulian dunia usaha terhadap kehidupan masyarakat di sekitarnya menjadi media untuk membangun semangat optimisme, serta mengimplementasikan nilai-nilai luhur bangsa melalui solidaritas dan kegotongroyongan secara nyata," kata Bamsoet.

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini memaparkan berbagai kategori penghargaan, antara lain Kategori Pengembangan Digital E-Learning yang dianugerahkan kepada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) dan PT Pertamina.

Kategori Peduli UMKM dianugerahkan kepada PT Indofood Sukses Makmur Tbk., PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk., dan PT Food Station Tjipinang Jaya.

Baca juga: Selama normal baru, CSR banyak diarahkan ke karyawan

Baca juga: Hingga Juni, Petrokimia kucurkan Rp9,79 miliar bantuan UMKM


"Ada juga kategori Pengembangan Pariwisata yang dianugerahkan kepada PT Bank Rakyat Indonesia serta kategori Pengembangan Kesehatan Masyarakat diberikan kepada PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk.," ucap Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia ini berharap para pemenang CSR Award Tahun 2020 dapat senantiasa memupuk rasa tanggung jawab dan kepekaan sosial yang tinggi kepada masyarakat dalam setiap kondisi.

Bagi yang belum mendapat Award pada tahun 2020, dia mengingatkan agar tetap semangat, optimis, dan terus melakukan langkah-langkah inovatif dalam melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

"Melalui penganugerahan CSR Award 2020, mari kita satukan semangat untuk bersama-sama bangkit dari pandemi COVID-19," ucapnya.

Bamsoet lantas menegaskan, "Kita harus memiliki tekad dan keyakinan bahwa kita dapat membangun sistem perekonomian yang kuat dan berkeadilan, demokrasi yang stabil dan berkualitas, serta kehidupan bangsa yang maju dan sejahtera."

Baca juga: Lewat CSR, PGN berkomitmen tingkatkan daya saing UMKM

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar