Jakpus harapkan ada pengetesan COVID-19 jika bioskop dibuka

Jakpus harapkan ada pengetesan COVID-19 jika bioskop dibuka

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi (tengah) meninjau persiapan bioskop di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Cempaka Putih, Rabu (15/7/2020). (ANTARA/HO/ Dokumentasi Wakil Wali Kota Jakarta Pusat)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengharapkan adanya pengambilan sampel (sampling) pengetesan COVID-19 kepada penonton saat bioskop dibuka pada 29 Juli mendatang.

"Saya mau usahakan, misalnya, jadi bioskop berjalan. Itu Puskesmas minggu kedua mau kita sampling," kata Irwandi usai melakukan pengecekan di salah satu mal yang memiliki bioskop di kawasan Cempaka Putih, Rabu.

Pemeriksaan dilakukan terhadap warga setelah menonton. "Sampling aja. Entah rapid test, entah swab test." katanya.

"Itu kalau bisa dicek. Kita menjaga agar tidak ada klaster. Jangan sampai tahu-tahu, pulang dari bioskop malah sesak nafas, terjangkit (COVID-19)," katanya.

Baca juga: Jumlah kasus positif COVID-19 di Jakarta turun drastis
Baca juga: Penambahan kasus COVID-19 di DKI Jakarta tertinggi


Irwandi mengatakan dalam tinjauannya pemberian jarak sudah dikerjakan oleh pengelola bioskop. Meski demikian dirinya tidak melihat adanya penambahan fasilitas untuk memastikan sirkulasi udara lebih cepat terproses.

"Kalau saya lihat gedungnya tidak ada renovasi, masih biasa. Cuma memang kesiapannya saya cek, tadi pengelolanya bilang sudah siap. Nanti katanya kalau sudah beroperasi akan ada pengecekan penggunaan masker setiap 15 menit," kata Irwandi.

Irwandi juga mengharapkan menjelang pembukaan bioskop agar Suku Dinas Pariwisata Jakarta Pusat memberikan perhatian ekstra untuk meninjau persiapan pengelola bioskop menerapkan protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik.

"Saya maunya (Sudin) Pariwisata itu aktif. Kalau bioskop tidak ditinjau dan diingatkan dari sekarang itu bisa menjadi klaster baru. Misalnya yang nonton harus diminta nomor HP. Kalau seandainya ada (yang COVID-19) agar mudah untuk tracing," kata Irwandi.

Pada Selasa (14/7), Irwandi dalam rapat koordinasi pimpinan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat mengusulkan agar ada pemantauan khusus jelang pembukaan bioskop.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Air mancur menari di Bukittinggi dimatikan selama Ramadhan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar