Pemerintah didorong fokus pada langkah 3T (testing, tracing, dan tracking) untuk penanganan COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong seluruh pihak terkait, baik pemerintah, gugus tugas, maupun pemerintah daerah, meningkatkan kerja sama dalam melakukan upaya menyeluruh menangani dan mengendalikan kasus COVID-19 di setiap daerah, khususnya di daerah dengan kasus tinggi.

"Terus memberikan bantuan obat-obatan guna meningkatkan angka kesembuhan pasien dan menekan angka kematian pasien COVID-19," kata Bamsoet dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut disampaikannya merespons kasus COVID-19 di Indonesia yang hingga 14 Juli mencapai total 78.572 kasus positif, 46.701 orang suspect, dan enam provinsi dengan lebih dari 100 kasus baru.

Bamsoet mengingatkan pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk meningkatkan awareness dari terbentuknya kluster-kluster baru penyebaran COVID-19.

Baca juga: Banjir bandang Masamba, Bamsoet sampaikan keprihatinan

Baca juga: Ketua MPR: Pemerintah perlu terapkan kebijakan ketat tangani COVID-19


Adapun caranya, kata dia, dengan memperketat pengawasan di setiap tempat ataupun fasilitas umum, dan mengawasi pelaksanaan protokol pencegahan COVID-19 di setiap tempat tersebut.

Politikus senior Partai Golkar tersebut juga mendorong pemerintah fokus pada langkah 3T (testing, tracing, dan tracking) untuk penanganan COVID-19, terutama di daerah dengan angka kasus penularan yang tinggi.

Selain itu, Kepala Badan Bela Negara FKPPI itu mengajak masyarakat agar peduli terhadap bahaya akibat terinfeksi virus corona dengan disiplin dalam menerapkan protokol COVID-19 sebagai upaya mengendalikan, mencegah, dan menekan meluasnya penyebaran virus tersebut.

"Masyarakat harus meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga jarak dalam bersosialisasi, baik di lingkungan kerja, sekolah, maupun di ranah publik," kata mantan Ketua DPR RI itu.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020