Anti Hoax

Mulan Jameela mundur dari DPR RI? Cek faktanya

Mulan Jameela mundur dari DPR RI? Cek faktanya

Artis Mulan Jameela (kedua kanan) berjabat tangan dengan rekan sejawatnya disela pelantikan di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Penyanyi Mulan Jameela, yang resmi dilantik menjadi Anggota DPR RI periode 2019-2024 pada 1 Oktober lalu, baru-baru ini disebut telah mengundurkan diri dari parlemen oleh seorang pengguna Facebook.

Dalam unggahannya pada Selasa (14/7), pemilik akun Facebook itu terlihat menyematkan berita milik salah satu media nasional, dengan judul "Dituduh Tak Becus Kerja, Mulan Jameela Undur Diri dari DPR dan Teken Surat Undur Diri dari Partai?" yang disiarkan pada 13 Juli 2020.

Potret istri musisi Ahmad Dhani, dengan balutan kerudung coklat, juga ditampilkan dalam berita tersebut. 

Sang pengunggah turut membubuhkan narasi sebagai berikut di lini masanya:

"Nah Mundur lebih terhormat daripada di pecat !! Hayo yang lain Monggo mengundurkan diri saja kalau merasa tidak sanggup dan tidak becus kerjanya ..!!!"

Hingga Rabu (15/7), kiriman di Facebook itu sudah dibagikan ulang sebanyak sembilan kali, mendapatkan 46 komentar, serta direspon oleh 152 pengguna lainnya.

Namun, benarkah Mulan Jameela hengkang dari parlemen?
 
Tangkapan layar hoaks Mulan Jameela mundur dari DPR RI (Facebook)


Penjelasan:
Dari hasil penelusuran pada Rabu (15/7), ANTARA menemukan berita "Dituduh Tak Becus Kerja, Mulan Jameela Undur Diri dari DPR dan Teken Surat Undur Diri dari Partai?" telah mengalami perubahan pada judul, menjadi "Mulan Jameela Undur Diri dari DPR dan Teken Surat Undur Diri dari Partai?".

Saat dilacak, berita itu berisi penggalan hasil wawancara Ahmad Dhani, dalam program siniar (podcast) milik Deddy Corbuzier yang juga diunggah di Youtube. 

Dalam berita media itu, Dhani diklaim mengatakan Mulan Jameela ternyata sudah meneken surat pengunduran dirinya sebagai Anggota DPR RI. Berikut kalimat Dhani yang termuat dalam berita itu:

"Bahkan semua anggota DPR, termasuk Mulan, waktu dia dilantik, dia sekaligus tanda tangan pemecatan".

ANTARA juga menelusuri podcast di kanal Youtube milik Deddy Corbuzier. Pernyataan langsung Dhani di berita itu termuat dalam podcast berjudul "HAMPIR DI BUNUH THN 2003, AHMAD DHANI NOT HOAX" pada menit ke-11.

Dhani, dalam wawancara itu, membahas sebuah aturan di Partai Gerindra dan bukan membicarakan pengunduran diri istrinya dari DPR RI. Ahmad Dhani dan Mulan Jameela memang diketahui merupakan anggota partai besutan Prabowo Subianto tersebut.  

Pentolan grup musik Dewa 19 itu menjelaskan ada aturan bagi setiap anggota Partai Gerindra yang berhasil maju ke parlemen, salah satunya menandatangani surat pemecatan. Surat itu kelak menjadi dasar hukum bagi partai untuk memberhentikan anggotanya yang ada di parlemen, jika tidak sejalan dengan visi-misi partai.  

ANTARA juga menelusuri daftar anggota pada laman resmi DPR RI. Nama Mulan Jameela pun masih dapat ditemukan, dengan nomor anggota 96.

Selain itu, mantan personel duo Ratu tersebut juga terlihat membagikan kegiatannya sebagai Anggota DPR RI pada 13 Juli 2020. Melalui akun Instagram @mulanjameelacenter, Mulan membagikan fotonya saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan PT Pertamina dan SKK Migas.

Sejumlah penjelasan tersebut sekaligus membuktikan kabar pengunduran diri Mulan Jameela dari DPR RI adalah tidak benar. 

Klaim: Mulan Jameela mundur dari DPR RI
Rating: Salah/Disinformasi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Hari ini, Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPRRI dengan PT. Pertamina dan SKK MIGAS. Dengan pembahasan: 1. Proyek Lapangan Abadi Wilayah Kerja Masela 2. Highlight Proyek Kilang dan Petrokimia di Tuban Pada kesempatan ini saya menyampaikan masukan dan bbrp pertanyaan: 1. Apa2 saja yg sudah dilakukan sebelum pembangunan GRR Tuban ini berjalan?, apa saja yg menjadi kendala terkait proyek GRR & TPPI di Tuban? Karna informasi yg di dapat di lapangan, ada kendala dalam pembebasan lahan. Sudah berapa persenkah pembebasan lahan ini yang dilakukan sampai saat ini? Bagaimana sistem dari pembebasab lahan ini? Berapa anggaran yang sudah dikeluarkan untuk pembebasan lahan ini? 2. Dari materi pemaparan yang disampaikan, saya melihat letak atau posisi antara proyek nasional Tuban dengan lokasi penduduk terlalu dekat dan bahkan bersebelahan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran untuk kita semuanya. Tentunya kaitannya dengan amdal. Saya hanya bisa mengingatkan jangan sampai jarak yang terlalu dekat dgn penduduk, saat terjadi pencemaran lingkungan dan hal ini mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat sekitarnya. 3. Saya membaca dari bbrp media bahwa dalam pengembangn proyek GRR Tuban ini sudah dilakukan reklamasi. Apakah betul? Apabila betul, mengapa harus reklamasi? Karena saya khawatir dgn adanya reklamasi dan tentunya proyek nasional ini bisa saja mengakibatkan pencemaran lingkungan, dan tentunya mengganggu keberlngsungan hidup biota laut di sana.

A post shared by Mulan Jameela Center (@mulanjameelacenter) on



Baca juga: Mulan Jameela masuk "Top Ten News Maker DPR" versi INSIS

Baca juga: Jadi wakil rakyat, ini janji Mulan Jameela

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Hoaks atau Benar : Mulan Jameela mundur dari parlemen? Jokowi tugasi Prabowo bubarkan FPI?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar