Tim medis masih rawat 65 orang positif COVID-19 di Aceh

Tim medis masih rawat 65 orang positif COVID-19 di Aceh

Arsip Foto - Petugas medis mengambil sampel swab tenggorokan salah seorang warga dalam pemeriksaan swab massal terkait COVID-19 di Kota Banda Aceh, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Khalis)

Dari 27 kasus baru itu, 11 orang tenaga medis, enam orang kontak erat pasien positif terinfeksi corona
Banda Aceh (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Aceh menyatakan sebanyak 65 warga terinfeksi virus corona baru masih menjalani perawatan medis di sejumlah rumah sakit rujukan di Tanah Rencong.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Rabu, mengatakan virus corona telah menginfeksi 137 orang warga di Aceh. Di antaranya 65 orang telah dinyatakan sembuh, dan tujuh orang dilaporkan telah meninggal dunia.

"Hari ini bertambah satu orang pasien COVID-19 asal Aceh Utara yang dinyatakan sembuh. Dan 65 orang masih dalam perawatan tim medis," kata Saifullah.

Baca juga: Perawat di Sabang positif terpapar COVID-19, Aceh lapor 110 kasus

Selain itu, Jubir yang akrab disapa SAG itu menjelaskan pada Rabu ini kasus positif COVID-19 di Aceh meningkat drastis, yakni dilaporkan penambahan 27 orang, dua orang di antaranya warga Aceh Besar telah meninggal dunia.

"Kasus itu paling banyak dari Aceh Besar yakni 17 orang, Kota Banda Aceh tujuh orang, Bireuen satu orang, Kota Lhokseumawe satu orang dan satu orang warga berasal dari luar Aceh," kata SAG.

Baca juga: Satu dosen Pertanian Unsyiah positif terpapar COVID-19

Menurut dia, kasus-kasus baru tersebut merupakan hasil penelusuran terhadap orang-orang yang memiliki riwayat kontak jarak dekat dengan pasien COVID-19 sebelumnya, baik tenaga medis maupun pihak keluarga.

"Dari 27 kasus baru itu, 11 orang tenaga medis, enam orang kontak erat pasien positif terinfeksi virus corona, lima orang kontak erat kasus ke 107, dua orang kontak erat tenaga medis, satu orang dosen, dan dua orang meninggal dunia," ujarnya.

Baca juga: Ada satu lagi, total warga Aceh meninggal positif COVID-19 jadi empat

Sementara itu, Wakil Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh dr Endang Mutiawati mengatakan dari 11 orang tenaga medis itu, tiga di antaranya bertugas di rumah sakit setempat.

"Dokter dua dan perawat satu, ini yang bertugas di RSUD Zainoel Abidin ya," kata Endang.

Menurut Endang, dokter yang terpapar COVID-19 itu di antaranya seorang dokter jaga di IGD dan satu orang dokter peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Paru-Paru. Sedangkan seorang perawat juga bertugas di IGD.

"IGD juga sudah kita sterilkan, kan (proses) steril itu enggak lama," katanya.

Baca juga: Tenaga medis terinfeksi total kasus COVID-19 Aceh menjadi 95 orang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menikmati segarnya kelapa jelly

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar