Kemarin, Presiden kejar pemulihan ekonomi dan ujicoba green diesel

Kemarin, Presiden kejar pemulihan ekonomi dan ujicoba green diesel

Menperin Agus Gumiwang (kiri) sosialisasi hasil ujicoba bahan bakar D-100 di Dumai, Rabu (15/7/2020). ANTARA/Abdul Razak/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (15/7) kemarin, mulai dari Presiden Jokowi yang terus mengejar pemulihan ekonomi di kuartal III hingga ujicoba bahan bakar green diesel D-100.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Kejar pemulihan, Presiden minta ungkit kegiatan ekonomi kuartal III

Presiden Joko Widodo mengingatkan para gubernur untuk mengungkit kegiatan perekonomian di kuartal III 2020 karena periode itu merupakan momentum pemulihan ekonomi Tanah Air pada tahun ini.

Presiden menyampaikan hal tersebut setelah memperoleh proyeksi bahwa pertumbuhan ekonomi domestik pada kuartal II 2020 kemungkinan menurun ke minus 4,3 persen, setelah di kuartal I 2020 masih bisa bertumbuh positif di 2,97 persen.

Baca selengkapnya di sini

2. LKBN Antara-PFN-BP teken MoU integrasi klaster media BUMN

Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Perum Produksi Film Negara (PFN) dan PT Balai Pustaka (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) integrasi dalam satu klaster media Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan Direktur Utama Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat, Direktur Utama PFN Judith J Dipodiputro, dan Direktur Utama PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji di Gedung Antara di Pasar Baru, Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

3. Menperin sosialisasi dan ujicoba bahan bakar D-100 di Dumai

Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita menjajal ruas jalan Kota Dumai dengan mengendarai mobil yang sudah memakai produk bahan bakar baru diproduksi di kilang minyak Pertamina RU II yaitu green diesel atau D-100, Rabu.

Menperin setiba di Bandara Pinang Kampai Dumai, langsung menuju Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh dengan kendaraan mobil jenis minibus berbahan bakar D-100, dan hasilnya diakui Agus sangat memuaskan dengan suara mesin halus.

Baca selengkapnya di sini

4. Komisi VI DPR setujui pencairan utang pemerintah kepada sembilan BUMN

Komisi VI DPR RI menyetujui usulan dan besaran pencairan utang pemerintah kepada sembilan BUMN yang diputuskan dalam Rapat Kerja bersama Menteri BUMN Erick Thohir pada Rabu (15/7).

"Komisi VI DPR RI menyetujui besaran pencairan utang pemerintah pada BUMN tahun anggaran 2020 untuk disampaikan ke Badan Anggaran DPR RI sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

5. Gugus Tugas terima Rp3,4 triliun dari Kemenkeu untuk tangani COVID-19

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyatakan pihaknya telah menerima dana sebesar Rp3,4 triliun dari Kementerian Keuangan.

Pernyataan tersebut disampaikan Doni dalam Raker Banggar DPR RI bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar