RS Gigi Palembang kurangi pelayanan antisipasi COVID-19

RS Gigi Palembang kurangi pelayanan antisipasi COVID-19

RS Khusus Gigi dan Mulut Palembang. ANTARA/HO

Palembang (ANTARA) - Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan pada Juli 2020 mengurangi pelayanan kepada masyarakat sebagai tindakan antisipasi penyebaran COVID-19 setelah dua tenaga medisnya terinfeksi virus corona jenis baru itu.

"Sekarang ini kami sangat selektif terhadap pasien dan hanya melayani pelayanan kegawatdaruratan gigi," kata Direktur RS khusus gigi dan mulut drg Rini Bikarindrasari di Palembang, Kamis.

Baca juga: 19 tenaga medis RSUD IA Moeis Samarinda positif COVID-19

Selain mengurangi pelayanan kepada masyarakat untuk sementara waktu, pihaknya juga berupaya memperketat protokol kesehatan antisipasi COVID-19 dan melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan rumah sakit secara berkala.

Melalui upaya tersebut diharapkan dapat menyelamatkan tenaga medis rumah sakit ini dan petugas pendukung lainnya dari penularan virus corona, katanya.

Baca juga: Tenaga medis terinfeksi total kasus COVID-19 Aceh menjadi 95 orang

Dia menjelaskan ada tiga karyawan RS Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Palembang yakni dua tenaga medis dan satu orang petugas keamanan/satpam positif terjangkit COVID-19.

Ketiga karyawan itu diketahui positif COVID-19 setelah pihaknya memutuskan pada 3 Juli 2020 melakukan tes cepat (rapid test) kepada seluruh tenaga medis dan tenaga pendukung yang diduga menjalin kontak dengan salah satu tenaga medis yang telah lebih dahulu dinyatakan positif COVID-19.

Baca juga: Sebanyak 41.000 tenaga medis di Jabar akan terima insentif

Tindakan pencegahan penularan COVID-19 di rumah sakit ini diharapkan bisa berjalan dengan baik sehingga tidak ada lagi yang positif terinfeksi virus tersebut serta pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan seperti biasanya, ujarnya.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar