Jakarta (ANTARA) - Herniated Nucleus Pulposus (HNP) atau sering dikenal nyeri saraf terjepit umumnya terjadi pada seluruh ruas tulang belakang mencakup leher, punggung, pinggang hingga tulang ekor.

Dokter spesialis bedah orthopedi & traumatologi di RS Pondok Indah - Puri Indah, Muki Partono mengatakan daerah sakit tergantung lokasi terjadinya penjepitan.

Jika terjadi leher, maka penderita akan mengalami migrain atau sakit hingga ke bahu disertai rasa kesemutan dan rasa panas. Sementara jika penjepitan di tulang ekor, maka penderita akan merasa sakit seperti otot ketarik pada bagian paha atau betis, kesemutan hingga kelumpuhan.

"Jika penjepitan di daerah pinggang akan terasa nyeri dari pinggang turun ke bawah menjalar sampai ke belakang paha, betis, disertai rasa kesemutan dan rasa panas," kata dia dalam webinar, Kamis.

Baca juga: Pertolongan pertama jika sakit pinggang tiba-tiba muncul

Baca juga: Benarkah kurang minum air putih picu nyeri pinggang?


Kelumpuhan yang terjadi bukan selalu tidak bisa berjalan atau kaki tidak bergerak samasekali, tetapi terjadi penurunan pada sistem gerak. Jika sudah penurunan kekuatan motorik (misalnya tiga dari lima) bisa dikatakan mengalami kelumpuhan sebagian.

Biasanya, otot dengan saraf terjepit cenderung melemah dari waktu ke waktu, sehingga menyebabkan penderita mudah tersandung, atau tidak kuat mengangkat atau memegang barang atau sesuatu.

Pada pria, selain kesemutan dan rasa panas, ada risiko HNP menyebabkan impotensi hingga kemandulan apabila terjadi pada torakal.

Faktor risiko seseorang terkena HNP antara lain berat badan berlebih atau obesitas, pekerjaan, cedera, gaya hidup, genetika, aktivitas seperti menyetir pada jangka waktu yang lama, merokok, postur tubuh dan usia lanjut.

Baca juga: Keluhan saat hamil dari trimester awal hingga akhir

Baca juga: Waspadai masalah tulang belakang seiring bertambah tua


"Pekerjaan yang kaitannya dengan mengangkat berat, atau kelainan pada bentuk tulang belakang itu sendiri," ujar Muki.

Muki mengatakan, saat ini pengobatan HNP salah satunya melalui tindakan operasi tanpa sayatan atau minimal invasif spine surgery, yakni memasukkan jarum ke kulit yang dilanjutkan menusukkan jarum ke kulit yang ditujukan ke disc dan diberikan energi dari laser.

Disc yakni cakram jaringan tulang rawan di antara ruas tulang punggung yang berfungsi sebagai peredam kejut.

Menurut dia, tindakan operasi ini tergolong aman karena tidak memerlukan pembiusan total melainkan lokal di tempat jarum yang ditusukkan.

Penderita HNP biasanya disarankan menjalani tindakan ini yakni jika tidak ada respon sampai enam minggu pengobatan konservatif, HNP stadium satu, belum terjadi kelainan neurologis yang berarti.

"Awalnya dengan medikamentosa, evaluasi kembali dua minggu kalau terjadi perbaikan, dinyatakan sembuh secara keluhan, tetapi bantalan tidak mengalami perubahan. Kadang dikombinasi dengan fisioterapi. Kalau semua cara itu dilakukan tidak berhasil, biasanya kami beri tindakan operatif," demikian kata Muki.

Baca juga: Penyebab bisa sakit punggung, high heels hingga merokok

Baca juga: Koreksi posisi tubuh agar terhindar dari nyeri punggung


Baca juga: Kecepatan melangkah jadi indikator penuaan fisik dan syaraf

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020