Jakarta (ANTARA) - Presiden UEFA Aleksander Ceferin telah mengadakan sebuah pembicaraan dengan ketua Manchester City Khaldoon Al Mubarak setelah larangan dua tahun City bertanding di kompetisi Eropa dicabut.

Menurut laporan Sky Sports pada Kamis (16/7), sebuah panggilan dilakukan pada Senin setelah Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mencabut larangan City untuk berkancah di Liga Champions musim depan.

Kedua belah pihak menyatakan keinginan mereka untuk memiliki hubungan yang konstruktif, menurut laporan Daily Mail.

Baca juga: Guardiola senang bukan kepalang City lolos dari sanksi UEFA
Baca juga: Sanksi Manchester City dicabut, Presiden La Liga kesal


Ceferin menyebut Manchester City sebagai sebuah 'aset' dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Sky Sports News pada Maret.

"Seperti halnya klub lain, mereka adalah aset kami, saya menghormati mereka," katanya dalam wawancara televisi pertamanya di Inggris setelah City dijatuhi larangan tersebut.

"Saya tidak ingin mengatakan itu, 'sekarang kami tidak suka Manchester City'. Kami menyukai mereka, mereka adalah klub kami."

UEFA telah menuduh City melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) mereka dengan menaikkan nilai pendapatan dari sponsor yang berkaitan dengan Grup Abu Dhabi United pimpinan Sheikh Mansour yang menjadi pemilik City, untuk menghindari melanggar aturan FFP antara 2012 sampai 2016.

Baca juga: Klopp, Mourinho kompak kritik kemenangan City atas sanksi UEFA

Manchester City juga dianggap kurang kooperatif selama masa penyelidikan kasus tersebut.

Namun, CAS mencabut hukuman yang dijatuhkan UEFA ke City pada Senin dan mengurangi denda awal 30 juta euro (sekitar Rp491 miliar) menjadi 10 juta euro (sekitar Rp167 miliar) setelah menemukan bahwa "sebagian besar dugaan pelanggaran yang dilaporkan tidak terbukti atau sudah melewati waktu (time-barred)."

Pelatih The Citizens, Pep Guardiola mengaku senang klubnya dapat bermain di Liga Champions musim depan.

"Saya sangat senang atas keputusan itu, yang memperlihatkan bahwa apa yang orang bilang tentang klub ini tidak benar," katanya dilansir laman resmi City, Selasa malam.

"Bila kami melakukan kesalahan, tentu kami akan menerima putusan UEFA dan CAS," tambahnya.

"Kami punya hak untuk membela diri ketika yakin apa yang kami lakukan benar. Nyatanya tiga hakim mengatakan itu."

"Di sisi lain kami juga senang sebab bisa membela apa yang kami lakukan di atas lapangan selama ini," pungkas pelatih asal Spanyol itu.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020