BUMN turun langsung bantu dampak banjir di Masamba Sulawesi Selatan

BUMN turun langsung bantu dampak banjir di Masamba Sulawesi Selatan

Tiang-tiang listrik baru yang dibawa oleh PLN dalam rangka membantu penanganan bencana banjir di Masamba, Luwu, Sulawesi Selatan. Dokumentasi Kementerian BUMN

Yang terjadi di Masamba, Luwu, Sulsel, ini kemarin memang kita cepat antisipasi dan koordinasi langsung dengan Kepala BNPB Bapak Doni Monardo
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turun langsung membantu penanganan bencana banjir yang terjadi di Masamba, Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Yang terjadi di Masamba, Luwu, Sulsel, ini kemarin memang kita cepat antisipasi dan koordinasi langsung dengan Kepala BNPB Bapak Doni Monardo, meminta kita untuk langsung turun ke sana, ke lapangan, khususnya penanganan listrik dan alat alat berat untuk membersihkan lumpur-lumpur karena bencana banjir tersebut," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Arya mengatakan bahwa Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan BUMN sudah memiliki satgas bencana pada hampir semua daerah di Indonesia, hampir semua kabupaten, maka Kementerian BUMN sangat cepat dan langsung menurunkan tim untuk membantu menangani bencana tersebut.

Baca juga: BNPB masih kumpulkan data pemicu banjir bandang Luwu Utara

Baca juga: Banjir bandang di Luwu Utara akibatkan 223 rumah rusak berat

Dari PLN langsung turun ke lokasi bencana secara cepat dengan membawa tiang-tiang baru, mengingat banyaknya tiang-tiang listrik yang tumbang dan rusak. Dalam tempo sehari sudah diperbaiki serta bisa kembali menghidupkan sebagian listrik di wilayah yang terdampak bencana.

Kemudian dari PT Hutama Karya sudah turun dengan alat-alat beratnya, mulai membersihkan lumpur lumpur yang diakibatkan bencana banjir tersebut.

"Di samping itu kita juga mendorong teman-teman satgas BUMN lainnya yang ada di sana seperti Bank Mandiri, Pertamina, Hutama Karya, untuk membantu bahan-bahan makanan yang dibutuhkan. Kemudian kebutuhan gas juga kita berikan dari Pertamina dan kebutuhan lainnya untuk secepatnya membantu apa yang dibutuhkan masyarakat," kata Arya Sinulingga.

Baca juga: 90 persen jaringan Telkomsel pulih di Masamba Luwu Utara

Menurut Staf Khusus Menteri BUMN tersebut, Satgas BUMN sudah siap sedia di Masamba dan terus bekerja bersama dengan pemerintah daerah.

Kementerian BUMN berharap semoga bencana ini tertanggulangi dengan baik dan Menteri BUMN Erick Thohir meminta Kementerian BUMN serta perusahaan-perusahaan BUMN menyelesaikan dan menanggulangi permasalahan-permasalahan bencana yang terjadi di Masamba.

Baca juga: Kemensos salurkan Rp1,97 miliar untuk korban banjir di Masamba

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Operasi SAR di lokasi banjir Masamba diperpanjang 3 hari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar