Makassar (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau langsung kondisi terkini Masamba, Luwu Utara yang diterjang banjir bandang pada 13 Juli 2020.

"Sesuai jadwal, Kepala BNPB akan datang meninjau sejumlah titik banjir bandang lewat udara hari ini," kata Kepala BPBD Luwu Utara Muslim Muhtar dikonfirmasi dari Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan, Kepala BNPB memiliki agenda tersendiri atau tidak bersama dalam rombongan Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Baca juga: Empat sekolah di Luwu Utara tertimbun lumpur dan digenangi air

Baca juga: Mensos berikan bantuan untuk masyarakat Luwu Utara


"Jadi Kepala BNPB akan meninjau titik bencana di Masamba dan Radda. Ingin melihat langsung (sejauh mana tingkat kerusakannya). Kami saat ini sedang menuju Bandara Bua untuk menjemputnya" ujar dia singkat.

Untuk bantuan yang dibutuhkan, kata dia, adalah bahan makanan bagi pengungsi mengingat dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemulihan.

Selain itu, kebutuhan dalam waktu yang singkat dan sangat di butuhkan oleh masyarakat itu adalah sanitasi portable. Alat berat juga demikian untuk memindahkan material dan alat hisap air.

"Kenapa ini penting karena sekarang semua infrastruktur rusak, termasuk sanitasi karena itu butuh sanitasi portabel. Karena sering (listrik) mati, maka kita butuh lampu portable," ujarnya.*

Baca juga: Forum CSR Sulsel harapkan kerja sosial di Masamba terkoordinasi

Baca juga: Lantamal VI kerahkan personelnya bantu korban banjir bandang

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020