Jakarta (ANTARA) - Mengecat rambut di rumah bisa dilakukan sendiri alias Do It Yourself/DIY, namun hal itu tetap memerlukan ketrampilan.

Glamour merangkum sejumlah nasihat dari para ahli yang bisa diaplikasikan jika Anda ingin mengecat rambut sendiri di rumah selama masa pandemi virus corona.

Pertama, yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mewarnai rambut adalah memperhatikan kondisi rambut.

"Tidak aman mengecat rambut atau memutihkan (bleaching) rambut jika sebelumnya rambut Anda sudah mengalami banyak proses kimiawi, atau jika rambut Anda sudah sangat rusak," kata pakar mewarnai rambut Lauren Grummel dikutip dari Glamour pada Jumat.

Grummel mengatakan bahwa mewarnai, utamanya melakukan bleaching rambut sebaiknya dilakukan oleh profesional karena kalau tidak bisa tidak rata atau yang paling buruk rambut bisa patah-patah akibat proses kimia.

"Kalau rambut sudah rusak, jujurlah 100 persen pada petugas mewarnai di salon ketika Anda ke salon apa saja yang sudah Anda lakukan pada rambut di rumah. Hanya itu caranya memulihkan kondisi rambut."

Berikut cara mengecat rambut sendiri:

1. Siapkan alat cat berupa kuas dan tentu saja pewarna rambut.
Jangan cuci rambut setidaknya dua hari sebelum pengaplikasian cat rambut. Alasannya, minyak alami pada rambut bisa menjadi penangkal iritasi.

2. Tes cat pada helai rambut sebelum mengecat.
Hal tersebut akan membantu Anda menentukan waktu. Tekstur rambut Anda akan menjadi faktor di sini: Semakin halus, semakin cepat akan masuk warnanya — Anda mungkin perlu 5 hingga 10 menit lebih sedikit dari yang tertulis dalam kotak cat rambut; jika Anda memiliki rambut kasar atau kering, Anda dapat melakukannya sesuai waktu yang disarankan.

3. Baca kembali, dan ikuti instruksi di kotak kemasan. Jangan mengaplikasikan cat dari akar ke ujung sekaligus,.

4. Untuk membantu mendapatkan warna yang merata, oleskan cat rambut setengah inci dari kulit kepala Anda dan lanjutkan sampai ke ujung-ujungnya.

Panas dari kepala Anda membuat warna berkembang lebih cepat di akar.

"Lalu, di tengah-tengah waktu pemrosesan, kembalilah dan tutupi akar rambutmu," kata pakar mewarnai rambut Kiyah Wright.

Saat mengoleskan cat rambut, gunakan kuas warna untuk mendapatkan hasil yang lebih profesional dan tepat.

Baca juga: Tips dan trik mengecat rambut sendiri di rumah

Baca juga: Mewarnai rambut bisa tingkatkan risiko kanker payudara

Baca juga: Sebelum mewarnai rambut, lakukan tes ini terlebih dahulu

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020