Relawan Indonesia Bersatu gelar tes cepat COVID-19 di Tanah Abang

Relawan Indonesia Bersatu gelar tes cepat COVID-19 di Tanah Abang

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandiaga Uno saat mengunjungi tes cepat massal di Kantor Kecamatan Tanah Abang, Jumat 17/7/2020). (ANTARA/HO/Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19)

Kita terus bergerak atas nama Relawan Indonesia bersatu lawan COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menggelar tes cepat virus corona baru bagi warga Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, Sandiaga Uno, di Jakarta, Jumat, mengatakan biaya tes cepat cukup tinggi sehingga pihaknya menggagas tes cepat itu bagi warga yang kurang mampu secara ekonomi.

"Kita terus bergerak atas nama Relawan Indonesia bersatu lawan COVID-19 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya di Kecamatan Tanah Abang untuk menyelenggarakan tes cepat," kata pria yang pernah menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga menuturkan masyarakat saat ini juga dibebani keperluan untuk membeli alat sekolah dan pekerja beraktivitas di luar kota dengan persyaratan surat keterangan tes cepat yang tidak murah biayanya.

Baca juga: Sandiaga ingatkan warga dukung pemerintah terkait COVID-19

Kegiatan tes cepat itu juga membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di zona merah atau episentrum.

"Semoga kegiatan kita dapat menurunkan penularan COVID-19. Yang menjadi fokus kita adalah menurunkan beban biaya hidup masyarakat sekarang yang terdampak COVID-19," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga mengedukasi agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap menjalankan aktivitas dengan menerapkan slogan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Sementara itu, Camat Tanah Abang, Yassin Passaribu mengapresiasi adanya tes cepat COVID-19 massal yang dilakukan oleh Relawan Indonesia Bersatu.

Baca juga: Sandiaga bagikan bansos ke guru honorer dan pengurus masjid di Depok

Ia juga mengingatkan warga agar rajin menjalani protokol kesehatan seperti yang diedukasi oleh Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19.

"Meskipun sudah memasuki zona oranye, tetapi kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19. Pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Itu semua agar keluarga kita dan seluruh warga masyarakat aman. Karena itu yang bisa untuk menahan laju penyebaran COVID-19," ujar Yassin.

Seperti biasa RIB Lawan COVID-19 menyediakan sekitar 1.000 alat tes dalam tes massal itu.

Selain itu, dua unit mobil laboratorium untuk tes usap berbasis PCR juga disiapkan bagi masyarakat yang menunjukkan hasil reaktif usai mengikuti tes cepat.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menggelar tes cepat massal pada sejumlah lokasi di wilayah Provinsi DKI Jakarta yang menyasar masyarakat biasa hingga pekerja kantoran untuk memutus mata rantai penyebaran virus asal Wuhan China itu.

Baca juga: Relawan Indonesia Bersatu salurkan bantuan sosial untuk nelayan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sandiaga Uno nilai bantuan tunai efektif selamatkan rakyat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar